Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Desa Wisata, Pantai

6 Tempat Wisata di Rumbia, Kabupaten Bombana

Tempat Wisata di Rumbia

Gili Kondo, Tempat Wisata di Rumbia - Foto: superadventure.co.id

Tempat Wisata di Rumbia – Ketika berbicara mengenai tempat wisata yang berada di Pulau Sulawesi, maka Tana Toraja dan Pantai Losari lah yang paling banyak disebut. Namun jangan salah, masih banyak sekali destinasi wisata di Sulawesi lainnya yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Salah satu daerah yang menyimpan banyak tempat wisata yang menarik adalah Kecamatan Rumbia, yang merupakan ibukota dari Kabupaten Bombana, Sulawesi Selatan.

Seperti apa sih tempat – tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di wilayah ini? Yuk langsung aja baca artikel ini.

1. Air Terjun Sangkona

Air terjun Sangkona, Tempat Wisata di Rumbia

Air terjun Sangkona, Tempat Wisata di Rumbia – Foto: jalanwisata.id

Salah satu Tempat Wisata di Rumbia yang cukup terkenal adalah Air Terjun Sangkona. Namun sayangnya, tempat ini sepi dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya keseriusan pemerintah setempat dalam mengelola tempat wisata ini, sehingga menyebabkan Air Terjun Sangkona kalah bersaing dengan tempat wisata lainnya.

Kalau kamu mencari tempat wisata yang masih eksotis dan jauh dari keramaian, maka Air Terjun Sangkona adalah salah satu pilihan yang tepat. Air terjun ini terletak di kaki gunung dan dikelilingi pepohonan besar, sehingga memberikan udara yang sejuk dan nuansa yang alami.

Air Terjun Sangkona terletak cukup dekat dengan pusat kota Rumbai dan aksesnya pun sudah di aspal, sehingga memudahkan para wisatawan untuk datang dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tempat ini buka 24 jam dengan harga tiket masuk hanya Rp. 10.000 saja.

2. Pantai Tabako

Pantai Tabako, Tempat wisata di Rumbia Kabupaten Bombana

Pantai Tabako, Tempat wisata di Rumbia Kabupaten Bombana – tutumaluleo.blogspot.com

Pantai Tabako masih menjadi salah satu destinasi wisata warga Bombana untuk berlibur di akhir pekan. Lokasinya yang tidak jauh dari ibu kota menjadi salah satu alasan utamanya.

Pantai ini menawarkan area pantai yang luas, sehingga cocok sebagai tempat bermain bagi anak – anak. Tempat ini juga menyediakan gazebo dengan pohon – pohon yang berjajar di sekitarnya, sehingga cocok untuk dijadikan tempat beristirahat dari teriknya panas matahari.

Untuk soal makanan dan minuman, tidak perlu khawatir karena harga makanan dan minuman disini masih cukup  terjangkau.

Baca juga ya :

3. Bukit Teletubies Tinabite

Tempat Wisata di Rumbia

Bukit Teletubies Tinabite, Tempat Wisata di Rumbia – Foto: tinabitelentari.web.id

Sekitar 50 km dari Rumbia, ada satu tempat wisata yang cukup unik yaitu Bukit Teletubies Tinabite.  Secara administratif,  bukit ini terletak di Desa Tinabite, Kecamatan Lantary Jaya, Kabupaten Bombana.

Sebagian orang menjuluki bukit ini sebagai Bukit Teletubies karena memang mirip dengan bukit yang ada di acara televisi tersebut. Sebagian lain menyebut bukit ini mirip dengan sabana yang ada di New Zealand.

Tempat Wisata di Rumbia ini merupakan bukit yang memiliki luas ratusan hektar dan dihiasi oleh pepohonan serta ternak warga yang biasa mencari rumput disini.

Sayangnya, akses untuk mencapai lokasi bukit ini masih cukup sulit dan fasilitas yang disediakan masih cukup minim. Namun jangan takut, ketika kamu sudah berhasil mencapai bukit ini, maka kamu akan dibuat kagum oleh keindahannya.

4. Air Terjun Lantawonua, Tempat Wisata di Rumbia

Rumbia rupanya menyimpan wisata air terjun yang cukup banyak. Salah satu air terjun yang boleh kamu coba kunjungi terletak di Desa Lantawonua, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana.

Air Terjun Lantawonua, Tempat wisata di Rumbia Bombana

Air Terjun Lantawonua, Tempat wisata di Rumbia Bombana – foto lenterasultra.com

Keunikan dari air terjun ini terletak di bebatuannya yang tersusun seperti anak tangga. Disini, kamu akan merasa sangat sejuk karena tempat wisata ini dikelilingi oleh pepohonan yang besar dan rindang.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dari dasar tanah dan memiliki air yang jernih dan dingin.

Tempat ini berada cukup dekat dengan pusat ibukota Rumbia dengan akses jalan yang sudah baik. Sama seperti Air Terjun Sangkona, tempat ini masih belum diurus dengan baik oleh pemerintah setempat, sehingga fasilitas disini masih sangat minim.

5. Pulau Kondo

Pulau Kondo, Tempat Wisata di Rumbia

Pulau Kondo, Tempat Wisata di Rumbia – Foto: phinemo.com

Pulau Kondo memang terletak cukup jauh dari Rumbia, tapi tempat yang satu ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Pulau yang berada di Desa Ranokomea, Kecamatan Poleang Barat ini berada sekitar 125 km dari Rumbia dan sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah sebagai salah satu tempat wisata andalan di Bombana.

Ada keunikan tersendiri dari pulau yang satu ini. Ketika surut, maka kamu dapat menikmati hamparan pasir putih dan karang yang membentang di sepanjang pantai. Ketika pasang, air laut akan berubah menjadi hijau dan jernih.

Perjalanan menuju Pulau Kondo memang cukup jauh dan melelahkan, namun ketika sampai di pulau ini, seketika rasa lelah dan penat akan hilang. Pulau ini buka 24 jam dengan harga tiket masuk Rp. 10.000 saja.

6.  Hutan Bakau Pulau Kabaena

Hutan Bakau Kabaena Bombana

Hutan Bakau Kabaena Bombana – foto pospaua.com

Tempat Wisata di Rumbia Kabupaten Bombana yang juga tak kalah menariknya untuk kalian kunjungi adalah Hutan Bakau Kabaena. Hutan bakau ini terletak di Desa Liya Mawi, Kecamatan Wangi – Wangi Selatan, Kabupaten Bombana.

Ketika musim liburan, hutan bakau ini banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati matahari terbenam dengan ditemani pepohonan bakau.

 

Leave a Reply