Uncategorised

6 Tempat Wisata di Kabupaten Buol

6 Tempat Wisata di Kabupaten Buol 1

Pulau Busak. Foto: Instagram @wawaninwan07

Untuk sebagian orang, nama Buol memang masih cukup asing untuk didengar. Buol sendiri merupakan sebuah nama Kabupaten di utara Pulau Sulawesi, tepatnya di Provinsi Sulawesi Tengah, dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Karena memang belum banyak orang yang mengenal tempat ini, keindahan tempat wisata disini belum banyak diketahui masyarakat Indonesia. Untuk itu tim seringjalan.com akan merangkum 6 tempat wisata di Kabupaten Buol yang kamu harus datangi.

1. Pelabuhan Leok

 

6 Tempat Wisata di Kabupaten Buol 4

Foto: Instagram @just__ill

Jika berbicara tentang pelabuhan, keindahan laut seperti di gambar tidak akan pernah terbayangkan bukan? Disitulah letak keunikan Pelabuhan Leok. Meskipun sebuah pelabuhan, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan panorama alamnya.

Disini kamu bisa melihat laut yang jernih serta pegunungan yang mengelilingi pelabuhan ini. Tempat ini juga sering digunakan untuk melihat matahari terbenam.  Namun disarankan untuk tidak kesini pada masa mudik karena pastinya pelabuhan ini akan ramai dengan para pemudik.

Akses ke tempat ini cukup mudah, kamu tinggal nyalakan saja Google Maps di hp kamu.

2. Pemandian Kumaligon

Jika ingin bermain air dengan keluarga, anda bisa mengunjungi Pemandian Kumaligon yang terletak di Desa Kumaligon, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Tempat ini letaknya tidak jauh dari pusat keramaian, sehingga selalu ramai dikunjungi pada saat akhir pekan. Jarak tempat ini dari Leok cuma sekitar 10 menit, lho.  Disini, kamu bisa menikmati keindahan alamnya dan airnya yang sangat dingin, sehingga cocok untuk dijadikan tempat berenang dan bermain air.

3. Pulau Busak

Pernah ada seseorang yang bilang bahwa semakin jauh dan sulit sebuah tempat wisata untuk dicapai, maka semakin indah pula tempat itu. Kata – kata ini cocok untuk menggambarkan Pulau Busak.

Pulau ini berlokasi di Desa Busak, Kecamatan Karamat, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Untuk mencapai pulau ini, kamu harus melakukan perjalanan darat sekitar 15 km dari pusat kota dan perjalanan laut dengan perahu sekitar 10 menit. Tetapi begitu sampai di pulau ini, maka kamu akan dibuat terkesima dengan keindahannya.

Pulau ini menawarkan pasir yang masih putih serta air laut yang masih jernih. Untuk masuk ke Pulau Busak, kamu harus membayar Rp 25.000 sebagai tiket masuk.

4. Pantai Batu Susun Lakea

6 Tempat Wisata di Kabupaten Buol 5

Foto: pariwisataku.com

Pantai Batu Susun Lakea terletak di Desa Lakea 2, Kecamatan Lakea, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Dinamakan Pantai Batu Susun karena memang pantai ini memiliki batu karang yang tersusun secara rapi di tepi pantai.

Keunikan dari pantai ini belum bisa ditemukan di pantai lain, oleh sebab itu pantai ini ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan batu susun di pantai ini. Selain batu susunnya, pantai ini juga menawarkan air laut yang masih bersih serta pemandangan tebing yang indah.

5. Pulau Boki

Kalau kamu mencari tempat wisata yang masih tergolong sepi, kamu bisa coba datang ke Pulau Boki. Pulau ini terletak di Kecamatan Paleleh Barat dan kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pusat kota untuk sampai kesini.

Karena masih jarang dikunjungi, Pulau Boki masih menawarkan suasana pantai yang alami dengan pasir yang putih, air laut yang jernih, batu karang yang masih alami, serta bukit – bukit kecil yang menambah pesona dari pulau ini.

Pulau ini buka 24 jam dan memiliki harga tiket masuk sebesar Rp. 25.000 per orang di hari biasa maupun weekend.

6. Pulau Panjang Paleleh 

6 Tempat Wisata di Kabupaten Buol 6

Foto: Instagram @like_buol

Pulau Panjang Paleleh terletak di Kecamatan Paleleh, wilayah paling utara dari Kabupaten Buol.  Dari Kota Buol, pulau ini berjarak 120 km dengan estimasi jarak tempuh 3 jam perjalanan. Setelah itu, kamu masih harus menyebrang dengan menggunakan perahu sekitar 15 menit.

Pulau ini dinamakan Pulau Panjang karena bentuknya yang memang memanjang. Di pulau ini, kamu tidak hanya akan menemukan keindahan pantai dan lautnya, tetapi juga akan menemukan hamparan bukit yang sangat luas dengan rerumputan yang hijau.

Tempat wisata ini masih cukup tersembunyi dan belum banyak orang yang tahu, karena jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota.

Demikian pembahasan mengenai tempat wisata di Kabupaten Buol. Semoga dengan adanya artikel ini, tempat – tempat wisata di daerah Buol akan menjadi semakin ramai diminati oleh wisatawan.

 

Leave a Reply