Uncategorised

6 Kuliner dan Makanan Khas Tapak Tuan Aceh Selatan yang Pasti Lezat

6 Kuliner dan Makanan Khas Tapak Tuan Aceh Selatan yang Pasti Lezat 1

Jika ingin menikmati makanan yang super lezat dan harganya terjangkau, silakan datang saja ke Tapak Tuan Aceh Selatan. Di daerah ini banyak ditemukan kuliner yang rasanya “nendang” di lidah dan harganya tidak membuat kantong bolong. Pertanyaannya adalah apa saja makanan khas Tapak Tuan Aceh Selatan yang dimaksud?

makanan khas Tapak Tuan Aceh Selatan yang enak

Makanan Khas Tapak Tuan Aceh Selatan

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di bawah ini akan dijelaskan sebagian nya saja namun merupakan makanan khas Tapak Tuan yang top, enak dan murah. Ini dia penjelasannya:

1. Mie Aceh

Mie Aceh

Makanan khas Tapak Tuan Aceh Selatan yang pertama adalah Mie Aceh. Memang dari namanya makanan ini terdengar sederhana, padahal dari segi rasa memiliki tekstur kegurihan berbeda dibandingkan mie yang lainnya.

Mie Aceh diolah dari bumbu khusus yang membuat makanan mengeluarkan baru harum dan memiliki tekstur rasa legit dan renyah. Kamu juga bisa memilih jenis olahan mie, bisa Mie Aceh Goreng atau Mie Aceh Saus.

Umumnya Mie Aceh ditambahkan dengan beberapa lauk sebagai toping-nya. Yang paling lumrah adalah kepiting, daging sapi serta lauk jenis sea food atau makanan laut.

2. Kuah Salami Keu Neung

Kuah Salami Keu Neung

Kuah Salami Keu Neung adalah masakan berkuah yang mirip dengan sup sayur hijau. Namun untuk kuliner tradisional Aceh ini tekstur kuahnya lebih kental dan sedikit ada rasa pedas di dalamnya.

Kuah Salami Keu Neung atau Sup Keuneung lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih yang pulen. Apalagi jika lauknya ikan laut yang digoreng sampai remuk hingga tulangnya juga halus saat dikunyah.

Sup ini biasanya dihidangkan pada acara-acara besar seperti kenduri dan selamatan. Bahkan di daerah pedesaan kuliner ini menjadi menu wajib yang tidak boleh ditinggalkan.

3. Eungkot Keumamah

Eungkot Keumamah

Satu lagi kuliner khas Tapak Tuan Aceh Selatan yang tidak boleh ditinggalkan jika mampir ke tempat ini. Namanya adalah Eungkot Keumamah yang merupakan makanan tradisional Aceh yang masih tetap lestari sampai saat ini.

Engkot Keumamah adalah makanan yang menggunakan ikan tongkol sebagai bahan utama. Sebelumnya ikan direbus terlebih dahulu setelah itu dikeringkan dan disuwir-suwir menjadi remahan kecil-kecil.

Setelah itu suwir ikan tongkol dimasukkan ke dalam bumbu jahe, santan, cabe hijau dan rempah-rempah lalu di masak dengan api sedang. Jika sudah matang baru makanan dihidangkan dan silakan langsung dikonsumsi selagi makanan masih hangat.

4. Sie Itek

Sie Itek

Makanan khas Tapak Tuan Aceh Selatan yang berikutnya adalah Sie Itek. Ini merupakan makanan yang dari toping sangat sederhana tetapi memiliki rasa yang mantap.

Pada umumnya makanan ini dihidangkan dengan dua varian rasa. Rasa pertama adalah Sie Itek Meurah dengan Sie Itek Putih. Keduanya dibedakan dari warna menunya yang berlainan.

Untuk Sie Itek Meurah biasanya rasanya lebih pedas karena menggunakan cabai merah. Maka dari itu, makanan ini disebut Sie Itek Meurah atau merah. Sedangkan hidangan untuk Sie Itek puteh, bumbu utamanya adalah santan yang berwarna putih.

5. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap

Jika di Jawa ada ayam lalapan maka di Tapak Tuan Aceh Selatan juga ada kuliner yang mirip namanya adalah Ayam Tangkap. Namun perbedaannya hanya terletak pada toping-nya yang benar-benar berbeda dengan ayam lalapan khas Jawa.

Ayam tangkap dihidangkan bersama toping daun pandan, cabe hijau, dan daun temurun. Sedangkan yang menjadi pengharum adalah daun salam yang juga dimasukkan ke dalam hidangan.

Ayam tangkap adalah kuliner yang menggunakan ayam goreng sebagai bahan utamanya. Kamu juga bisa memilih ayam goreng pedas atau ayam goreng biasa tergantung keinginan. Sangat sederhana, tetapi aroma dari sayuran yang menjadi toping-nya membuat makanan ini lebih istimewa.

6. Pliek U

Pliek U

Pliek U adalah makanan khas Aceh Selatan dan juga Tapak Tuan yang menurut saya sangat unik. Pasalnya, jika dilihat dari bentuk hidangan layaknya seperti gulai. Akan tetapi, bahan yang digunakan hanya sayuran dan ampas kelapa saja.

Selain itu, juga ada beberapa sayur hijau seperti pepaya muda, daun singkong, daun melinjo dan nangka muda yang biasanya tidak begitu populer untuk masakan sejenis gulai.

Yang menjadi toping Pliek U adalah kacang tanah dan potongan rebung atau bambu muda. Sungguh suatu perpaduan rasa dan aroma yang mantap karena kacang sendiri adalah makanan yang bisa mengharumkan masakan.

Itulah penjelasan singkat tentang makanan khas Tapak Tuan Aceh Selatan. Silakan catat list di atas, sehingga jika kebetulan mampir ke tempat ini, kamu tidak kesulitan untuk mendapatkan makanan-makanan yang lezat.

Leave a Reply