Air Terjun, Alam, Bukit, Danau, Desa Wisata, Gua, Pulau

5 Tempat Wisata di Pakpak Bharat Sumatera Utara

Ar Tinambunan lae tamberkuh, Tempat Wisata di Pakpak Bharat

Ar Tinambunan lae tamberkuh, Tempat Wisata di Pakpak Bharat

Tempat Wisata di Pakpak Bharat – Pakpak Bharat merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara yang kerap disebut sebagai kabupaten agraris. Hal tersebut karena perekonomiannya okus pada sektor pertanian dan lokasinya pun cukup strategis. Saat ini pakpak Bharat mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dapat dilihat dari banyaknya pembangunan.

Begitu juga dengan dengan tempat wisata di Pakpak Bharat, yang hampir keseluruhannya merupakan wisata alam. Sayangnya akses menuju lokasi wisata ini masih terbilang sulit, sehingga tak heran jika objek wisatanya belum terkenal seperti kabupaten lainnya. Namun ada 5 Tempat Wisata di Pakpak Bharat yang lebih unggul dari lainnya :

1. Sampuren Singgabit Lae Une

Sampuren Singgabit Lae Une, Tempat Wisata di Pakpak Bharat

Sampuren Singgabit Lae Une, Tempat Wisata di Pakpak Bharat – foto wisatakalakpakpak.blogspot

Bagi yang bukan penduduk asli pulau Sumatera pasti akan berpikir mengenai lokasi wisata yang satu ini karena namanya yang begitu unik. Lae Une adalah satu dari sekian banyak Tempat Wisata di Pakpak Bharat berupa air terjun. Terbukti dengan banyaknya wisatawan dari luar daerah tersebut yang kerap datang berkunjung di sana.

Air terjun ini berada di kecupak, desa yang berada sekitar 7 km dari Salak. Karena ketenaranya disbanding air tejun lainnya, Lae Une kerap menjadi tujuan piknik keluarga di akhir pekan. Alasan lainnya, karena akses menuju lokasinya terbilang mudah ditempuh. Selain itu, wisatawan tidak perlu membayar biaya untuk menikmati keindahan air terjun satu ini.

2. Lae Temberkuh

Lae Tamberkuh, Tempat Wisata di Pakpak Bharat

Lae Tamberkuh, Tempat Wisata di Pakpak Bharat

Satu lagi Tempat Wisata di Pakpak Bharat yang cukup populer berupa kolam pemandian. Bukan seperti pemandian di lokasi wisata pada umumnya, pemandian bernama Lae Tamberkuh ini tercipta karena alam dan begitu asri. Berada di Kecamatan Siempat Rube pemandian ini menawarkan keasrian yang khas di tengah alam dengan konsep natural.

Meskipun menawarkan keindahan yang natural, namun pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam untuk menikmatinya. Harga tiket masuk yang dibanderol sekitar Rp 5.000,-. Dengan harga murah, wisatawan sudah bisa menikmati kesegaran air yang bersumber langsung dari pegunungan.

3. Tugu Pemekaran Pakpak Barat

5 Tempat Wisata di Pakpak Bharat Sumatera Utara 1

Tugu Pemekaran Pakpak Barat

Wisata berupa tugu ataupun monument di tanah Sumatera memang begitu banyak. Salah satunya adalah Tugu Pemekaran, bedanya monument yang satu ini memiliki nilai historis tersendiri bagi masyarakat setempat teruatam etnis Pakpak. Masing-masing desain yang melekat pada bangunannya memiliki makna dan melambangkan entitas dari 5 suak Pakpak.

Seperti halnya tugu atau monumen yang dibangun selalu memiliki tujuan dan maksud tersendiri. Tugu Pemekaran sekaligus emnjadi simbol dari harapan masyarakat Pakpak yang ingin terus berkembang dalam membangun kampung halamannya.

Di sekitar lokasi Tugu Pemekaran terdapat perbukitan dengan nuansa hijau yang menjadi daya tarik. Selain itu lokasi monument yang satu ini dekat dari pusat bisnis dan mudah diakses. Pesona Tugu dan pemandangan alam disekitarnya menjadikan Tugu Pemekaran ini sebagai salah satu Tempat Wisata di Pakpak Bharat.

BACA JUGA:

4. Liang Tojok

Liang Tojok, Tempat Wisata di Pakpak Bharat

Liang Tojok, Tempat Wisata di Pakpak Bharat – foto Boykeke Hasugian

Mekipun tidak sepopuler Lae Une, Tempat Wisata di Pakpak Bharat Liang Tojok ini cukup unik. Sebab wisata yang ada merupakan gabungan dari air terjun dan juga goa. Jarak Goa Liang Tojok dengan Kota Salak sekitar 45 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar empat hingga lima jam.

Sayangnya akses untuk mencari kendaraan umum begitu sulit, sehingga disarankan membawa kendaraan pribadi bersama rombongan jika ingin menikmati wisata yang satu ini. Liang Tojok juga masih jarang dikunjungi wisatawan karen aselain lokasinya jauh dan lama juga tempat ini asksesnya masih sulit dijangkau.

5. Tanjung Suari

Air Terjun Tanjung Suari, Tempat Wisata di Pakpak Bharat

Air Terjun Tanjung Suari, Tempat Wisata di Pakpak Bharat

Satu lagi Tempat Wisata di Pakpak Bharat berupa wisata air terjun di Pakpak Bharat yang begitu sayang dilewatkan karena keistimewaannya. Sayangnya akses menuju air terjun tanjung Suari ini begitu sulit, karena wisatawan harus melewati jalanan berlumpur.

Namun semua itu akan terbayarkan dengan keindahan air terjunnya yang diselimuti permadani hutan asri, tak heran jika udara di sekitarnya begitu asri. Air Terjun Tanjung Suari ini layak kamu kunjungi karena selain indah dan menenagkan juga sangat menyegarkan.

Selain segarnya udara yang dinikmati, wisatawan juga akan dimanjakan oleh deburan air yang mengalir dari bebatuan. Jangan sampai melewatkan kegiatan berendam jika sudah menginjakkan kaki di lokasi Tanjung Asri.

Leave a Reply