Alam, Budaya, Bukit, Daftar Wisata, Danau, Desa Wisata, Rumah Adat, Taman

5 Tempat Wisata di Kabupaten Sijunjung

tempat wisata dikabupaten sijunjung

tempat wisata dikabupaten sijunjung

Tempat Wisata di Kabupaten Sijunjung -Kabupaten Sijunjung atau dahulu disebut Sawahlunto Sijunjung merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Sumatera Barat. Secara Topografi wilayah Kabupaten Sijunjung merupakan rangkaian Bukit Barisan dan memanjang dari arah barat laut ke tenggara. Dengan luas daerah saat ini 3.130,80 km², Kabupaten Sijunjung merupakan yang paling kecil kedua di Sumatera Barat.

Walau wilayahnya yang kecil, akan tetapi Kabupaten Sijunjung banyak menyimpan obyek wisata yang tak kalah menarik  dari daerah lain di Sumatera Barat. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, maupun wisata untuk keluarga semua ada di Kabupaten Sijunjung.

Maka disini seringjalan akan memberikan informasi tentang wisata apa saja yang berada di Kabupaten Sijunjung. Berikut beberapa tempat wisata yang layak diperhitungkan untuk masuk daftar list wisata anda di Kabupaten Sijunjung menurut seringjalan :

  1. Pulau Andam Dewi

5 Tempat Wisata di Kabupaten Sijunjung 1

Sumber : Sumbarbagus.blogspot.com

Tempat Wisata di Kabupaten Sijunjung yang pertama adalah Pulau Andam Dewi. Meski namanya adalah pulau, namun jangan bayangkan sebuah tempat wisata berupa daratan yang berada di tengah laut. Pulau Andam dewi adalah wisata air semacam danau yang berada diantara kawasan pegunungan terjal yang terletak di daerah Musiduga Silokek.

Banyaknya pepohonan khas hutan tropis menjadikan pemandangan di Pulau Andam Dewi menjadi begitu sejuk dan indah. Selain itu kepedulian masyarakat sekitar yang menjaga kebersihan dan kelestarian di kawasan ini, membuat kondisi di obyek wsiata Pulau Andam Dewi begitu bersih dan terjaga.

Fasilitas yang disediakan pun dari waktu ke waktu kian diperlengkap. Salah satunya adalah dibangunnya bangunan-bangunan gazebo yang bisa digunakan besantai ataupun beristirahat sembari menikmati keindahan alam di Pulau Andam Dewi.

 

  1. Kampung Adat Sijunjung

Kampung Adat Sijunjung, Tempat Wisata di Kabupaten Sijunjung

Kampung Adat Sijunjung, Tempat Wisata di Kabupaten Sijunjung – foto katadata.com

Melihat rumah adat Minangkabau berjejer rapi di kanan kiri jalan tentu saja menjadi pemandangan yang istimewa. Hal ini bisa didapatkan jika berkunjung ke Kampung Adat Sijunjung. Kurang lebih terdapat 76 rumah Gadang yang berdiri di kawasan kampung adat ini.

Kampung Adat Sijunjung terletak di Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Selain Rumah Gadangnya, ikon dari Kampung Adat Sijunjung adalah patung Puti Junjung yang berdiri kokoh di persimpangan menuju Kampung Adat Sijunjung.

Di sepanjang kanan kiri sudah disediakan trotoar yang lebar, sehingga bisa digunakan berjalan para wisatawan yang ingin menimmati pesona puluhan Rumah Gadang yang begitu indah dengan bunga-bunga warna-warni di halamannya.

 

  1. Bukit Ngalau Pasuak

Bukit Ngalau Pasuak

Bukit Ngalau Pasuak – foto jelajahsumbar.com

Penggemar wisata alam dengan sensasi petualangan wajib mencoba untuk datang ke Bukit Ngalau Pasuak. Bukit Ngalau Pasuak adalah Tempat Wisata di Kabupaten Sijunjung yang sangat terkenal. wisata alam di Kabupaten Sijunjung yang menawarkan keindahan alam dari puncaknya ini sering menjadi incaran para pnikmat alam lepas.

Untuk menuju Puncak Ngalau Pasuak diperlukan trekking menyusuri hutan dengan medan yang cukup ekstrem dan menguras tenaga. Sesekali pula harus menaiki medan dengan kemiringan yang cukup curam.

Namun semua rasa lelah akan terbayarkan setelah mencapai puncak Ngalau Pasuak, hamparan pemandangan barisan bukit dengan dominasi warna hijau dari hutan akan membuat betah berlama-lama di puncak Ngalau Pasuak. Semilir angin yang berhembus di puncaknya pun mampu mendamaikan jiwa dan menghilangkan sejenak kepenatan dari kesibukan harian.

 

  1. Danau Hijau Bukit Bual
Danau Hijau Bukit Bual

Danau Hijau Bukit Bual – ciciameliablog.wordpress.com

Di Kabupaten Sijunjung terdapat lubang besar bekas penggalian batubara dan kini membentuk sebuah danau dengan ciri khas airnya yang berwarna hijau. Setelah tidak digunakan untuk proyek penggalian batubara, kawasan ini dikembangkan menjadi sarana wisata karena pemandangan danau dan alam sekitarnya yang begitu mempesona.

Baca juga :Tempat Wisata di Kabupaten Simpang Ampek Pasaman Barat  yang ngehits

Berlokasi di Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII, danau ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal di sekitar Kabupaten Sijunjung. Untuk menuju ke Danau Hijau Bukit Bual, harus melewati jalur berbatu yang merupakan jalan yang digunakan untuk mobil tambang. Fasilitas parkir pun juga sudah tersedia dan cukup luas sehingga mampu menampung cukup banyak kendaraan.

Berfoto ria diatas bukit dengan view Danau dengan air berwarna hijau menjadi kegiatan favorit bagi setiap wisatawan yang datang ke Danau Hijau Bukit Bual.

  1. Geopark Silokek

Geopark Silokek

Geopark Silokek – foto pesona.travel

Di Sijunjung ada satu wisata baru yang diharapkan menjadi andalan bagi pariwisata Kabupaten Sijunjung, yaitu Geopark Silokek.

Memiliki ciri khas pemandangan tebing tebing karst yang menjulang dan hutan yang masih asri dan lebat, tak salah jika kawasan Silokek ini diharapkan akan mampu menarik banyak wisatawan untuk datang ke Kabupaten Sijunjung.

Kekayaan flora fauna serta bentang alam yang begitu megah akan membuat siapapun yang datang terkagum-kagum. Selain itu di obyek wisata Geopark Silokek ini pengunjung juga bisa melakukan kegiatan petualangan seperti rafting ataupun river tubing menyusuri sungai.

Adanya gua-gua yang diyakini terbentuk alami ribuan tahun lalu menambah keelokan di Geopark Silokek Kabupaten Sijunjung.

**

Indahnya pesona alam di Kabupaten Sijunjung, tak berlebihan rasanya jika menyebut bahwa Sijunjung adalah salah satu permata bagi sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. Maka jika sedang berada Sumatera Barat jangan ragu untuk  memasukkan Kabupaten Sijunjung di list daftar tempat yang ingin dikunjungi.

Leave a Reply