5 Tempat Wisata di Daruba Pulau Morotai - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, City Tour, Daftar Wisata, Museum, Pulau

5 Tempat Wisata di Daruba Pulau Morotai

Daroba

Daruba - sumber : pulaumorotaikab

Tempat Wisata di Daruba Pulau Morotai – Daruba bisa menjadi surga bagi anda para pecinta wisata sejarah. Desa yang berada di kecamatan Morotai Selatan ini memiliki banyak objek wisata peninggalan sejarah, khususnya Perang Dunia II yang wajib untuk anda kunjungi saat berada di Maluku Utara. Selain wisata sejarah, Daruba juga memiliki objek wisata bahari yang juga sayang untuk anda lewatkan karena keindahannya yang akan memanjakan mata. Berikut lima tempat wisata menarik di Daruba yang bisa anda kunjungi untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

5 Tempat Wisata di Daruba Pulau Morotai

1.Museum Trikora dan Perang Dunia II

Museum Perang Dunia II di Daruba Pulau Morotai, salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat di Daruba

Museum Perang Dunia II – sumber : idntimes

Kedua museum ini dapat anda kunjungi selama berada di Daruba. Museum Perang Dunia II banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara terutama wisatawan dari Amerika dan Australia yang ingin melihat peninggalan sejarah leluhurnya. Bahkan beberapa orang mengakui bahwa beberapa peninggalan di museum  tersebut adalah milik keluarganya. Sesuai namanya, Museum Perang Dunia II menyimpan benda-benda bersejarah bekas Perang Dunia II, sedangkan Museum Trikora merupakan museum untuk mengenang pasukan Trikora dalam operasi pembebasan Irian Jaya (Papua). Selain itu, anda juga dapat menemukan museum mini milik Mukhlis Eso yang banyak menyimpan peninggalan masa Perang Dunia II di Daruba.

2. Situs Tank Amphibi

5 Tempat Wisata di Daruba Pulau Morotai 1

Situs Tank Amphibi – sumber : mytripcoid

Morotai banyak menyimpan benda-benda peninggalan sejarah, salah satu diantaranya adalah bangkai tank Amphibi milik tentara sekutu yang kini dijadikan sebagai cagar budaya. Terdapat dua buah bangkai tank Amphibi yang berlokasi di pinggiran pemukiman penduduk. Walaupun kondisinya tidak lengkap dan sudah keropos dimakan usia, namun tempat ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan karena nilai sejarahnya. Untuk melindungi kedua bangkai tank ini maka dibuatkan rumah-rumah agar tidak mudah rusak ketika hujan. Terdapat sinopsis sejarah singkat mengenai bangkai tank yang dipajang di sekitar tank Amphibi tersebut. Berdasarkan referensi yang tertulis, bangkai tank ini merupakan jenis tank milik Angkatan Laut Amerika, batalion tank Amphibi ke-708 yang mulai beroperasi pada tahun 1943 di wilayah Pasifik Selatan, termasuk di Morotai.

3. Landasan Pitu

5 Tempat Wisata di Daruba Pulau Morotai 2

Landasan Pitu – sumber : traveldetik.com

Landasan Pitu merupakan objek wisata sejarah Pulau Morotai yang dulunya adalah bekas tentara Jepang yang dibangun pada tanggal 17 Oktober 1944. Terdapat 7 landasan pesawat yang berlokasi di Jalan Pitu sebagai saksi sejarah yang digunakan oleh Amerika Serikat untuk pendaratan pesawat tempur. Konon Jenderal Douglas MacArthur memilih Pulau Morotai karena posisinya sangat dekat dengan Filipina dan berada di sisi Samudra Pasifik. Salah satu dari landasan tersebut kini telah dioperasionalkan sebagai Bandar Udara Pitu Pulau Morotai.

Leave a Reply