6 Tempat Wisata di Tarempa Kabupaten Anambas - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Bukit, Masjid, Pantai, Pengetahuan, Pulau

6 Tempat Wisata di Tarempa Kabupaten Anambas

6 Tempat Wisata di Tarempa Kabupaten Anambas

pulau siantan | instagram.com/jimmy_sihombing

Selain Air Terjun Temburun, ada Air Terjun yang bernama Air Terjun Air Bunyi. Kalau Air Terjun Temburun letaknya di Siantan Timur, Air Terjun Air Bunyi ini terletak di Sintan Selatan, Kepulauan Anambas.

Air Terjun ini terletak di desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Anambas. Keindahan pada air terjun ini, ada apda tingkat alirannya. Aliran air terjun ini melewati batu-batu besar sekitar 2 Km.  untuk mencapai air terjun ini, menggunakan perahu motor karena melewati rawa-rawa.

Namun setelah melewati rawa-rawa dan sampai, semua akan tuntas dan terbayarkan oleh pemandangan Air Terjun Air Bunyi ini.

5. Vihara Gunung Dewa Siantan dan Mesjid Baiturrahim Jamik
6 Tempat Wisata di Tarempa Kabupaten Anambas

vihara gunung dewa siantan | tempatwisata.pro

Tempat wisata Tarempa Kabupaten Anambas selanjutnya adalah Vihara Gunung Dewa dan Mesjid Jamik. Kedua tempat ini merupakan dua tempat wisata religi yang wajib dikunjungi. Baik Vihara Gunung Dewa maupun Mesjid Baiturrahim Jamik, memiliki nilai historis atau sejarah yang penting.

Vihara Gunung Dewa tepat berdiri di suduk kota Tarempa yang letaknya di atas bukit-bukit yang berbatu. Karena Vihara ini terletak di atas bukit, maka dari sini bisa terlihat pemandangan yang memukau dan sejuk.

6 Tempat Wisata di Tarempa Kabupaten Anambas

mesjid baiturrahim jamik | situsbudaya.id

Sedangkan Mesjid Baiturrahim Jamik adalah masjid yang memiliki sejarah penting. Mesjid ini sudah berdiri sejak tahun 1925. Menurut sejarah, pada tahun 1880 terdapat mesjid yang bernama Mesjid Teluk Siantan dan dibangun oleh Datuk Kaye Muhd Usman bin Datuk Kaye Muhd Yasin di Pantai Kukup.

Tapi pada tahun 1920 karena sering digenangi air laut, kemudian Mesjid ini dipindahkan tepat di lokasi Mesjid Baiturrahim Jamik berdiri. Pemindahan Masjid dilakukan secara gotong royong pada masa kolonial Belanda.

6. Pulau Matak

6 Tempat Wisata di Tarempa Kabupaten Anambas

pulau matak | instagram.com/marischkaprue

Memang pulau Matak bukan terletak di Tarempa, Pulau Siantan. Tapi, Pulau Matak bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi karena letakya yang paling dekat dengan pulau Siantan. Di pulau Matak inilah yang menjadi kepulauan terluar dan menjadi pembatas antara Indonesia dengan Malaysia.

Jika menggunakan speedboat, hanya perlu waktu berkisar 30 menit saja untuk sampai di Pulau Matak. Pesona keindahan dari Pulau Matak tidak kalah dengan pesona keindahan di Pulau Siantan.

Di Pulau Matak ini juga memiliki garis pantai sepanjang 2 km dengan barisan pohon kelapa sepanjang 8 km! Selain itu, di pulau inilah yang menjadi salah satu pulau yang terdapat habitat para penyu.

Nah, itu dia 6 tempat wisata di Tarempa Kabupaten Anambas yang perlu dikunjungi. Jika berkunjung nanti, sempatkan untuk mampir ke salah satu destinasi wisatanya dan kalau perlu bisa ke semua destinasi jika berlubur cukup lama di Tarempa.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply