6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 1

Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi terdapat pula wisata sejarah, seperti salah satunya Candi Gedong. Situs candi ini memiliki enam umpak batu dengan lubang 4 persegi di atasnya.

Hal menarik dari candi ini adalah adanya pecahan genting kuno yang diperkirakan dibuat pada abad 8 sampai 10 masehi, yakni dari tanah liat yang kemudian dibakar dengan kadar panas tinggi.

Kamu bisa mengunjungi Candi Gedong yang berlokasi di Desa Muaro Jambi untuk berwisata sekaligus menambah wawasan kesejarahan kamu.

4. Candi Muaro Jambi

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 2

Candi Muaro Jambi – Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi, Foto: candimuarajambi

Selanjutnya tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi ada Situs Purbakala Kompleks Percandian Muara Jambi. Wilayah ini adalah sebuah kompleks candi agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara, yakni luasnya 3981 hektar.

Candi Muaro Jambi kemungkinan merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Destinasi wisata sejarah ini berada tidak jauh atau jaraknya sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Jambi.

Kamu bisa belajar banyak hal di kompleks percandian ini seperti sejarah kebesaran bangsa Indonesia, yakni termasuk salah satunya soal kemajuan teknologi bangunan dan arsitektur pada zaman dulu,

5. Candi Koto Mahligai

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 3

Candi Koto Mahligai – Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi, Foto: lenny.diary

Candi Koto Mahligai termasuk salah satu candi dari kompleks Candi Muaro Jambi. Namun posisinya memang paling jauh sehingga masih banyak orang yang asing mendengar namanya.

Dari Sungai Batanghari sampai ke Candi Koto Mahligai diperkirakan ada kurang lebih 80 candi akan tetapi tidak semuanya terlihat di permukaan.

Kebanyakan masih ada yang terkubur atau berada di bawah tanah, sehingga kompleks percandian ini pun dinamakan The Lost City. Untuk mencapai ke tempat candi ini, kamu perlu melewati hutan dengan pepohonan duku yang lebat di kanan dan kirinya.

Panorama alam di wilayah candi ini begitu eksotis dengan ekosistem di sekitarnya yang didominasi pohon – pohon besar. Salah satu yang paling unik adalah Pohon Kundur yang diperkirakan usianya mencapai 600 – 700 tahun.

6. Sunge Simpur

6 Tempat Wisata Di Sengeti Muaro Jambi 4

Sunge Simpur – Tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi, Foto: sariesui

Sunge Simpur berlokasi menjadi pilihan wisata yang pas buat kamu dan keluarga untuk berlibur di akhir pekan. Suasana teduh serta alamnya yang masih asri akan menghilangkan kepenatan sejenak.

Nggak cuma menikmati panoramanya, kamu juga bisa mencoba naik perahu kecil menyusuri air sungainya. Buat pemburu foto instagramable pun di sini terdapat berbagai spot foto menarik untuk diambil mulai dari ayunan di atas air hingga patung perahu.

Nah, itulah tadi 6 tempat wisata di Sengeti Muaro Jambi. Jadi, kamu mau berwisata ke mana nih? Semoga menyenangkan ya!

Leave a Reply