Makna dan Sejarah Tari Adat Terang Bulan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Makna dan Sejarah Tari Adat Terang Bulan

Tari Adat Terang Bulan

Penari Tari Adat Terang Bulan - Sumber : limamarga

Gerakan, Kostum dan Properti pada Tari Terang Bulan

Tari Adat Terang Bulan memiliki gerakan yang lemah gemulai. Tari ini mempunyai pola dasar yaitu posisi tubuh, gerakan endek, gerakan tangan yang disesuaikan dengan gerak kaki dan tempo music. Selain itu, pola dasar tari ini telah dikembangkan dan ditambah dengan gerakan variasi sehingga nampak lebih indah dan menarik.

Tari Adat Terang Bulan

Penari Pria dan Wanita saling berhadapan ketika akan mulai menari, Tari Adat Terang Bulan – Sumber : Youtube Joni Pinem

Tari Adat Terang Bulan memiliki pola lantai lurus, dengan level gerakan yang sedang dan rendah. Sementara itu, penari berjajar dan saling berhadapan dengan pasangan tarinya. Tari ini cenderung memiliki durasi yang lebih lama karena gerakannya yang lambat. Tari ini juga tidak memiliki property tari yang dibawa setiap penari karena para penari hanya mengandalkan gerakan tangan saja.

Baca Juga : Bikin Jatuh hati ! Ini 5 Tempat Wisata di Kabupaten Sigi yang Mempesona

Pada penggunaan kostumnya, penari Terang Bulan mengenakan pakaian adat Sumatera. Pada penari perempuan mengenakan kebaya, sarung, tudung dan Uis Nipes.

Tari adat Terang Bulan

Pakaian Penari Wanita khas Dataran Karo, Tari adat Terang Bulan – Sumber : inilahmedan

Sementara pada penari pria mengenakan kemeja, celana panjang, sarung dan Beka Buluh. Busana tari ini, mirip dengan busana pada Tari Guro-Guro Aron karena memang Tari Terang Bulan juga ditarikan dalam acara Guro – Guro Aron.

Tari Adat Terang Bulan ditarikan dengan iringan alat music sarune, gung, gendang, penganak, kulcapi dan keteng – keteng. Tiap pemain alat music tersebut memiliki julukan berdasarkan alat yang mereka mainkan.

Misalnya saja, pemain gendang disebut dengan pengual, pemain penganak disebut simalu penganak, dan pemain alat music gung disebut simalu gung.

Sudah paham kah Anda tentang Tari Adat Terang Bulan? Tari ini sangat tenang dan cenderung romantis untuk para muda – mudi daerah setempat. Hal ini karena Karo memiliki banyak sekali kesenian salah satunya tarian atau sering disebut dengan landek yang memiliki cerita dan tema yang berbeda – beda.

1 Comment

  1. Ghost

    Terima Kasih..

    Informasi ini sangat membantu…

Leave a Reply