Rumah Adat Limas, Rumah Adat Dari Sumatera Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Rumah Adat, Budaya, Pengetahuan

Rumah Adat Limas, Rumah Adat Dari Sumatera Selatan

Rumah Adat Limas, Rumah Adat Dari Sumatera Selatan

Rumah Adat Limas, Rumah Adat Dari Sumatera Selatan - foto indonesia.go.id

Dari serambi belakang Rumah Adat Limas akan ada sebuah jembatan yang berfungsi sebagai penghubung antara Rumah Adat Limas. Jembatan ini terdapat atap dan penjaga samping di sisi kanan dan kiri dan disebut sebagai jembatan doorloop.

Kekijing Rumah Adat Limas

Kekijing Rumah Adat Limas

Kekijing Rumah Adat Limas – Sumber: Detiktravel

Kekijing pertama adalah bernama trenggalung. Merupakan ruangan yang digunakan untuk menerima tamu apabila pemiliki rumah sedang menggelar acara atau hajat. Pada kekijing pertama ini memiliki keunikan dimana suasana di dalam ruangan tidak terlihat tapi orang yang berada di dalam ruangan dapat melihat ke arah luar ruangan.

Desain unik dari trenggalung adalah lawang kipas. Lawang memiliki arti kata pintu, yang mana jika dibuka akan membentuk langit-langit pada ruangan. Ketika ditutup akan membentuk dinding dan selasar pada bagian kekijing trenggalung ini.

Kekijing kedua adalah bernama jogan. Jogan diperuntukan bagi anggota keluarga pemilik rumah dan hanya yang berjenis kelamin pria saja. Lanjut ke kekijing ketiga terdapat area yang lebih bersifat pribadi lagi dan hal itu terlihat dari keberadaan penyekat ruangan. Biasanya kekijing ketiga ini hanya untuk tamu khusus Ketika ada hajatan oleh pemilik rumah.

Baca juga:

Rumah Adat Limas, Rumah Adat Dari Sumatera Selatan

Rumah Adat Limas, Rumah Adat Dari Sumatera Selatan – foto indonesia.go.id

Kekijing keempat adalah ruangan khusus untuk orang-orang yang dihormati dan mempunyai ikatan darah dengan pemilik rumah. Kemudian kekijing terakhir atau yang kelima adalah bernama gegajah dan hanya boleh dimasuki oleh orang terhormat dan memiliki kedudukan baik dalam keluarga maupun masyarakat.

Ada yang unik dari bagian gegajah ini yaitu lantai yang disebut amben. Pada amben ini biasanya penghuni melakukan musyawarah. Terdapat pula kamar pengantin, yang murni hanya difungsikan apabila pemilik rumah menggelar hajat pernikahan.

Pada rumah adat limas, terdapat berbagai macam ragam hias yang menunjukan keaslian nilai masyarakat penduduk sekitar. Sungguh banyak detail dari rumah adat limas yang mengagumkan terlebih lagi makna dibaliknya dan nilai budaya yang terjaga kini dan seterusnya.

 

Leave a Reply