Pantai Widarapayung - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pantai

Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung di Cilacap Jawa Tengah

Pantai Widarapayung – photo credit: idntimes.com

Selain itu, setelah berjalan dan menikmati berbagai fasilitas pantai, kamu bisa beristirahat di tempat-tempat duduk yang dilengkapi dengan tugu berbentuk payung di dekat pintu masuk utama Pantai Widarapayung.

Jika kamu lapar dan berkunjung ke warung-warung di sekitar pantai, kamu akan menemukan makanan khas warga sana, yaitu Mendoan. Eits, ini bukan mendoan biasa. Mendoan di pantai ini ukurannya jumbo. Bisa lebih dari alas mouse komputer di meja kerjamu. Cukup makan satu atau dua, maka perutmu tidak akan berisik lagi.

Oh ya, di pantai ini kamu juga bisa sewa tempat duduk gantung seperti di taman rekreasi atau piknik. Harganya murah meriah, hanya lima sampai sepuluh ribu rupiah saja. Kamu sudah bisa menikmati sensasi tiduran di bawah pohon kelapa sambil menyeruput es degan yang segar.

Ritual Adat Bulan Suro

Ritual atau upacara adat setiap tanggal 1 Suro (penanggalan Jawa) atau 1 Muharram (penanggalan islam) biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa pesisir pantai. Cilacap, Jawa Tengah pun masih melestarikan tradisi ini.

Setiap tanggal 1 Suro, masyarakat sekitar pesisir pantai akan beramai-ramai membawa berbagai persembahan untuk disedekahkan kepada bumi dengan cara melarungkannya ke lautan. Tradisi ini dilakukan sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas semua limpahan hasil bumi dari lautan.

Jika kamu berkunjung ke Pantai Widarapayung pada Bulan Suro mungkin kamu bisa menyaksikan keriuhan tradisi ini dan atmosfer penuh syukur dari warga lokal karena dapat mempersembahkan hasil bumi terbaiknya untuk menunjukkan rasa syukur mereka.

Harga Tiket

Untuk menikmati suasana pantai yang amat unik di Pantai Widarapayung ini, kamu hanya perlu membayar sebanyak Rp. 7500 saja. Ada berbagai pintu masuk yang bisa kamu lalui untuk menuju ke Pantai Widarapayung.

Oh ya, harga tiket itu belum termasuk tiket parkir kendaraanmu ya! Untuk parkir, kamu akan dimintai Rp. 3000. Cukup terjangkau untuk sebuah tempat wisata.

Lokasi dan Akses

Akses menuju Pantai Widarapayung ini cukup mudah ditempuh. Kamu bisa melalui jalur darat. Terlebih dahulu kamu bisa naik kereta api dan turun di Stasiun Kroya, sebab Pantai Widarapayung ini berada tidak jauh dari Kroya. Setelah itu, kamu bisa naik transportasi umum yang ada di Kroya menuju Pantai Widarapayung.

Baca juga ya:

Apabila kamu dari Purwokerto, kamu bisa melalui jalan Banyumas Kroya menuju ke Pasar Kato kemudian masuk ke pintu gerbang menuju Pantai Widarapayung. Jadi, untuk menuju Pantai Widarapayung ini bisa kamu tempuh melalui berbagai pilihan transportasi. Bisa dengan transportasi umum seperti bis dan kereta atau bisa juga dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

***

Baiklah, itulah tadi ulasan saya tentang Pantai Widarapayung di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Apabila tertarik untuk mengunjunginya, jangan lupa siapkan berbagai keperluan berwisatamu. Kamera dan buku catatan adalah sesuatu yang mutlak kamu perlukan jika kamu ingin mengabadikan momen di tempat wisata. Datanglah kesana dan nikmati kekayaan alamnya yang luar biasa.

Banyak tempat wisata di Indonesia yang indah, tetapi sayangnya keindahannya seringkali ternodai dengan adanya sampah-sampah yang ditinggalkan wisatawan. Oleh karenanya, jadilah wisatawan yang baik dan bijak dengan menjaga kebersihan wisata, agar ia terus terjaga kelestariannya. Jika kamu membawa perbekalan atau makan di sekitar lokasi pantai, bawa juga sampahmu ya, buanglah di tempat sampah. Jangan biarkan sampahmu mencemari pantai yang indah dan eksotis itu.

 

 

 

Leave a Reply