Ngeri, Ada Museum Santet Pertama di Indonesia - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Museum

Ngeri, Ada Museum Santet Pertama di Indonesia

museum santet surabaya

- foto @ndry_malang

Dimuseum Santet ini juga tersimpan beberapa koleksi kayu pohon telor, kayu santen, kayu kengkeng, kayu kelor dan bambu yang semua kayu ini bisa dipergunakan sebagai sarana pengobatan tradisional. Jadi gak hanya tentang persantetan saja namun juga ada info tentang cara penyembuhan santet maupun pengobatan penyakit mistis lainnya.

Baca juga destinasi lain :

Ada sebuah  telur ayam yang di dalamnya terdapat organ-organ yang cukup aneh. Tertulis info jika telur ayam tersebut digunakan sebagai media penyembuhan alternatif bagi korban santet. Ada juga beberapa koleksi lainya yang merupakan hasil dari kegiatan santet menyantet seperti pasir, paku, usus yang robek, silet, atau benda-benda plastik dan biji-bijian dari bekas pasien yang sudah dikeluarkan santetnya dari dalam tubuh oleh dukun yang mengobatinya.

Koleksi benda benda santet di museum kesehatan

Koleksi benda benda santet di museum kesehatan – foto @mhusnan_khan

Tak hanya benda-benda supranatural dan medis saja yang ditampilkan dimuseum santet ini. Diamati lebih lanjut ternyata ada beberapa benda-benda unik yang saya ras acukup menggelikan seperti  celana anti perkosaan yang pernah diciptakan dan juga ada alat perangsang seks untuk pria dan wanita. Bahkan ada juga koleksi benda seperti vacum yang menurut infonya berfungsi untuk membesarkan alat kelamin pria. Hee sepertinya semakin banyak wawasan yang didapat dari kunjungan ke Museum ini.

Sejarah Museum Kesehatan dan Museum Santet

Museum Kesehatan dr. Adyatama  dibangun pada tahun 2004 diresmikan oleh Dr. Ahmad Sujudi yakni menteri kesehatan pada saat itu. Pada awalnya museum ini dirintis oleh Dr.dr. Harijadi Soeparto DOR M.Sc , yang kemudian diganti namanya menjadi museum dari dr. Adhyatma sebagai penghormatan kepa beliau yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan pada tahun 1988 hingga 1993.

sejarah museum kesehatan surabaya

sejarah museum kesehatan surabaya – foto @mhusnan_khan

Selain itu juga Gedung yang ada di Museum Kesehatan dr. Adyatama  ini dahulunya pernah dipergunakan  sebagai Rumah Sakit Kelamin. Atas kebijakan pemerintah maka bergantilah namanya menjadi museum kesehatan.

Lokasi Museum Santet & Jam Oprasionalnya

Museum Santet atau Museum Kesehatan dr. Adyatama berada di Jalan Indrapura 17, kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Museum Santet ini buka setiap hari mulai Senin hingga Jum’at di jam kerja mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00. Sementara pada hari Minggu museum santet ini akan buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00. Harga Tiketnya jangan ditanya deh, murah banget kok hanya Rp 1500 san saja per pengunjung.

 

2 Comments

  1. Tuty prihartiny

    Penasaran tapi kok deg degan membayangkan beberapa koleksinya

Leave a Reply