Mengenal Kota Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tentang Kota

Mengenal Kota Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi

Mengenal Kota Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi 1

Kota Wangi-Wangi Wakatobi

Tujuan masyarakat di Wangi-Wangi menyelenggarakan upacara Pesta Adat Duata ini antara lain: mengusir penyakit dari kampung, mengobati orang sakit, dan juga meminta rezeki. Prosesnya dilakukan selama 3 hari siang dan malam.

Kemudian di hari ketiga sekaligus sebagai hari penutup, acara akan disaksikan oleh semua masyarakat. Para pawang akan menari di atas sampan yang dirakit serta didayung puluhan orang sampai menuju tengah laut. Mereka yang menonton para pawang tersebut juga berada di atas sampan.

4. Pesta Adat Posepaa

Pesta Adat Posepaa Wakatobi

Pesta Adat Posepaa Wakatobi – foto sultrakini.com

Tradsi adat yang keempat di kota Wangi-Wangi kabupaten Wakatobi adalah Pesta Adat Posepaa. Upacara ini hanya bisa kamu temukan pada hari-hari besar agama Islam, seperti Idul Fitri atau Idul Adha. Pelaksanaannya setelah selesai Shalat Ied.

Sama seperti namanya yang berarti menendang, tujuan dari Pesta Adat Posepaa adalah untuk mengui ketangkasan para pemuda di dalam mempertahankan negara bila sewaktu-waktu diserang musuh. Sebuah tradisi unik yang membuat siapapun ingin datang dan menyaksikannya.

Tempat Wisata di Kota Wangi-Wangi Wakatobi

Selain terkenal karena memiliki tradisi adat yang unik, ternyata kota Wangi-Wangi juga memiliki tempat wisata yang harus kamu kunjungi. Apa saja? Di bawah ini jawabannya.

1. Taman Laut Onemohete

Taman Laut Onemohete Wakatobbi

Taman Laut Onemohete Wakatobbi – foto allindonesiatoursm.com

Tempat wisata kota Wangi-Wangi yang harus kamu kunjungi pertama kali adalah Taman Laut Onemohete. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Tempat ini memiliki julukan “A Paradise for Drivers”. Julukan tersebut bukan isapan jempol belaka.

Laut Onemohete merupakan tempat wisata terbaik untuk scuba diving. Bahkan dunia pun mengakui bahwa di sinilah lokasi terbaik untuk aktivitas scuba diving. Kamu juga bisa melihat banyak sekali biota laut yang membuatmu betah berlama-lama berada di sana.

2. Pantai Waha

Pantai Waha wakatobi di kota Wangi-Wangi

Pantai Waha wakatobi di kota Wangi-Wangi – Sumber: lapaktrip.com

Suka berlibur ke pantai? Maka datanglah ke Pantai Waha. Salah satu alasan banyak wisatawan datang ke sini karena lokasinya tidak jauh dari kota Wangi-Wangi. Bebearpa orang menyebutnya sebagai pantai cemara. Alasannya karena pantai ini  memiliki banyak pohon cemara yang menjadikannya beda dengan pantai pada umumnya.

Salah satu momen terbaik ketika berlibur ke Pantai Waha adalah kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Kamu bisa menyaksikannya dengan jelas yang juga menjadi salah satu lokasi romantis bersama pasanganmu.

Itulah beberapa informasi tentang kota Wangi-Wangi, sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik, diantaranya:

  • Desa Bajo
  • Desa Tradisional Liya Tago
  • Pantai Sousu
  • Pantai Moli’i Sahatu
  • Gua kelelawar
  • Puncak Waginopo
  • Benteng Tindoi
  • Telaga Gua

Leave a Reply