Mengenal Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour, Daftar Wisata, Kuliner, Tentang Kota

Mengenal Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur

Patung Burung Enggang Sebagai Tugu Selamat Datang di Kota Sangatta Kutai Timur - Foto: bcsangatta.net

Patung Burung Enggang Sebagai Tugu Selamat Datang di Kota Sangatta Kutai Timur - Foto: bcsangatta.net

Selain objek wisata pantai, bagi kalian yang berkunjung kesini bersama keluarga dan tidak ingin terlalu jauh mencari objek wisata kalian dapat berkunjung ke Taman Venus.

Lokasi Taman Venus hanya berjarak 15 menit dari Kota Sangatta. Tepatnya berada di kawasan perkantoran Bukit Pelangi dan berhadapan langsung dengan Masjid Agung Islamic Centre.

Area ini sengaja dibangun oleh Pemkab sebagai sarana wisata praktis dan murah meriah serta sebagai ruang terbuka hijau untuk berkumpulnya masyarakat dan pengunjung kota Sangatta.

Kuliner di Kota Sangatta Kutai Timur

Selain objek wisata yang ada di sekitar Kota Sangatta, kalian juga bisa menemui beragam kuliner khas yang ada di kota ini. Yuk kita simak beberapa diantaranya.

1. Cake Batubara

Mengenal Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur 1

Cake Batubara Oleh-Oleh Unik Sangatta – Foto: budayalokal.id

Kota Sangatta terkenal sebagai penghasil batubara terbaik di dunia dan menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat di kota ini. Ada hal unik mengenai batubara ini dengan munculnya cake batubara. Kue unik dapat ditemui di pusat jajanan Kutai Timur bernama  Olsbara.

Kue ini menggunakan nama khas jenis batubara seperti prima, pinang dan melawan. Kawasan pusat jajanan khas Kutai Timur ini sendiri diresmismikan oleh Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman.

2. Ayam Goreng Sangkurilang

Mengenal Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur 2

Ayam Goreng Sangkurilang – Foto: www.qupas.id

Untuk makanan khas yang resepnya diwariskan turun temurun di daerah Kutai Timur, kalian bisa mencoba ayam goreng sangkurilang. Ayam goreng ini dimasak dengan santan dan kecap manis hingga membuat cita rasa yang unik.

Harga per porsi sekitar Rp. 100.000 untuk 14  potong. Kalian bisa menemukan makanan khas ini di Rumah Makan Sangkulirangyang beralamat di  Tlk. Lingga, Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur.

3. Sayur Asem Kutai

Sayur Asem Kutai, kuliner khas Kota Sangatta

Sayur Asem Kutai, kuliner khas Kota Sangatta – Foto: moms-daily.blogspot.com

“Sayur asem, yah itu sih sudah biasa dong!” Mungkin sebagian orang akan berpikir seperti ini saat mendengar nama menu yang satu ini. Eeeiiittsss jangan salah dulu yaa. Memang sajian ini mirip dengan sayur asem yang ada di pulau Jawa tapi ada bedanya lho!

Sayur Asem ini selain berisi sayuran yang melimpah berupa talas, kangkung, dan jantung pisang batu, ada satu komponen yang membuat masakan ini unik. Yaitu dengan memasukkan potongan ikan patin ke dalam sayur asem ini.

Dijamin begitu mencobanya kalian bakal ketagihan deh! Kapan lagi nyoba masakan yang mungkin sudah biasa kalian temui tetapi dengan kemasan dan isi yang berbeda? Masakan ini mudah ditemui di restoran atau warung makan di Kutai Timur.

 

Banyak yang menarik bukan yang dapat kalian temui di Kota Sangatta? Yang pasti di kota ini kalian akan menemukan kemajemukan masyarakatnya dengan ditemani suasana kota pelabuhan yang masih terus membangun dan mempercantik dirinya.

Selamat travelling!

Leave a Reply