Mengenal Kota Betun, Kabupaten Malaka, NTT - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Budaya, City Tour, Daftar Wisata, Kuliner, Pantai, Tari Adat, Tentang Kota

Mengenal Kota Betun, Kabupaten Malaka, NTT

Mengenal Kota Betun, Kabupaten Malaka

Sumber: pesona.travel

Pantai ini sangat bagus dan indah. Kerennya lagi, pantai ini memiliki pepohonan pinus di tepian dan banyak lopo berjajar di pantai. Ketika sore, terkadang tersedia ikan segar hasil tangkapan nelayan yang boleh dibeli. Garis pantai yang begitu panjang membuat pantai ini memiliki banyak spot foto yang menarik untuk mengabadikan momen.

Kuliner Kota Betun

Terdapat satu makanan khas orang Malaka yang cukup terkenal, yaitu akabilan. Akabilan merupakan cadangan makanan ketika datang musim paceklik. Makanan tambahan ini memang sangat digemari dan mudah diperoleh karena bahan bakunya selalu ada. Memakan akabilan bukan berarti orang Malaka itu miskin dan kelaparan, namun berarti orang Malaka tidak menyerah pada situasi meskipun keadaan tidak memungkinkan (musim paceklik).

Mengenal Kota Betun, Kabupaten Malaka

Sumber: amadj.blogspot.com

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Idi Rayeuk, Aceh Timur

Bahan dasar akabilan adalah pohon gewang atau sagu yang tua yang diiris berkeping-keping kemudian dijemur dibawah sinar matahari. Irisan tersebut kemudian ditumbuk hingga jadi tepung. Tepung sagu tersebut direndam sambil diaduk dalam wadah supaya padat dan merata, kemudian adonan yang sudah padat dikeluarkan dan dipanggang.

Tradisi Kota Betun

Di Kota Betun, tepatnya di seluruh Kabupaten Malaka, terdapat tradisi yang menjadi pemersatu suku di Malaka. Tradisi tersebut adalah tradisi Batar Manaik. Tradisi ini sebenarnya merupakan persembahan upeti dari rakyat Wehali kepada sang Raja Liurai Malaka. Batar Manaik sudah ada sejak zaman kejayaan Kerajaan Wesei Wehali.

Tradisi Batar Manaik memiliki makna ungkapan simbol penghormatan, ketaatan, rasa persatuan dan kebersamaan dalam kehidupan masyarakat adat Wehali. Pada hari H, setiap kelompok masyarakat membawa upeti dalam bentuk hasil pertanian, hewan atau uang logam. Barang dan hewan yang dibawa masyarakat diletakkan sementara pada tempat yang ditentukan. Jika undangan sudah lengkap, petugas akan memberi isyarat kepada kelompok suku untuk berarak bergiliran diiringi tarian likurai mengantar upeti.

Baca juga: Mengenal Kota Oelamasi, Kabupaten Kupang

Budaya Kota Betun

Mengenal Kota Betun, Kabupaten Malaka

Sumber: pesona.travel

Budaya dan kesenian yang terkenal dari Kabupaten Betun adalah Tari Likurai. Tarian ini ditarikan sebagai simbol penghormatan kepada tamu yang datang ke Kabupaten Malaka. Tarian ini juga ditarikan ketika arak-arakan megantar upeti pada upacara Batar Manaik. Untuk menampilkannya, tarian ini tidak memerlukan musik pengiring. Tarian ini dipertunjukkan oleh pria dan wanita.

Leave a Reply