6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkulu - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkulu

Tempoyak

Bumbu ini dikenal karena sering dijadikan teman makan dengan cara diolah dan dicampur bersama ikan patin. Bumbu ini dibuat dari durian yang sudah difermentasikan.

Tempoyak sendiri banyak diminati dan disukai banyak masyarakat Bengkulu karena dapat diolah bersama ikan patin dan rasanya yang lezat.

Maka dari itu, bumbu makanan ini menjadi Makanan Khas Bengkulu. Untuk rasa sudah pasti kalian harus mencobanya jika berkunjung ke Bengkulu.

4. Bagar Hiu

Bagar hiu, Makanan Khas Bengkulu

Bagar hiu, Makanan Khas Bengkulu – Sumber foto: beautiful-indonesia.umm.ac.id

Makanan Khas Bengkulu ini dikenal dengan makanan favorit presiden pertama RI yaitu Soekarno saat masa pengasingannya di Kota Bengkulu.

Selain itu, makanan ini menjadi makanan kuliner yang sering kita temukan saat Bulan Ramadhan.

Mungkin sekilas kita melihat Bagar Hiu mirip dengan rendang yang menjadi makanan khas Padang, Sumatera Barat.

Namun, ternyata kedua makanan ini hanya memiliki perbedaan dibahannya, Bagar Hiu tidak dimasak menggunakan santan. Dan dalam proses memasaknya, Bagar Hiu menggunakan kelapa yang disangrai.

Seperti namanya, Bagar Hiu bukan menggunakan daging sapi atau kambing melainkan daging hiu.

Cara pengolahannga juga tidak musah, sebab ikan hiu mempunyai bau amis yang cukup menyengat. Maka dari itu, keahlian dalam memasak Bagar Hiu ini dipelajari turun-temurun, dari generasi ke generasi.

5. Kue Lepek Binti, Makanan Khas Bengkulu

Lepek binti

Sumber foto: beritatagar.com

Kue yang dibungkus dengan daun pisang ini sekilas mirip dengan nagasari. Namun, dari rasa Kue Lepek Binti ini memiliki rasa dan tekstur yang sangat tidak sama.

Perbedaannya pada nagasari ini buat dengan tepung beras dan santan yang diisi potongan pisang raja. Rasanya yang dimiliki pun manis dan lembut, dan sama-sama dibungkus dengan daun pisang.

Bentuk makanan ini menyerupai bujur sangkar, dengan dilipat di dalam daun pisang lalu dimasak dengan cara dikukus. Teksturnya mirip dengan lemper dan berisi daging yang gurih.

6. Gulai Rebung Asam Undak Liling

Rebung

Sumber foto: pedomanbengkulu.com

Kuliner makanan bersantan ini memang cukup unik, sebab dibuag dari rebung atau tunas bambh muda.

Makanan ini memiliki tekstur yang lunak. Proses pembuatannya juga tidak sebentar, sebab rebung perlu direndam selama beberapa hari.

Setelah itu, rebung diolah menjadi gulai bersamaan dengan keong sawah atau liling.

Liling juga bisa diganti dengan ikan laut atau ikan air tawar.

Demikian kuliner dan makanan khas Bengkulu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply