6 Tempat Wisata di Siak Riau - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Alam, Danau, Taman

6 Tempat Wisata di Siak Riau

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura - Sumber: batiqa.com

Danau zamrud ini sangat unik, pantulan danau ini bewarna kehitaman dengan dikelilingi oleh rawa-rawa sehingga membuatnya seperti batu permata zamrud. Selain tiu, Danau Zamrud ini  dikelilingi tanaman pinang merah dan tanaman rawa lainnya.

Bagi anda yang menyukai suasana tenang dan menyegarkan, kawasan Danau Zamrud sangat cocok kamu kunjungi. Kamu akan menemui pesona alam yang eksotis dan tentunya masih sangat asri. Bahkan kawasan Danau Zamrud ini sudah menjadi Taman Nasional Zamrud sejak 2005. Selain digunakan sebagai trempat pariwisata, TN Zamrud juga dimanfaatkan sebagai tempat  penelitian, pendidikan dan pemanfaatan lainnya.

4. Taman Ekowisata Mangrove

Taman ini merupakan taman wisata alam yang ramai pengunjng. Selain menjadi tempat wisata alam. Taman ini sangat baik untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Untuk bisa sampai ke lokasi Ekowisata, kamu butuh waktu sekitar 45 menit dari kota Siak. Saat berada di Taman Ekowisata Mangrove  kamu akan menemukan keindahan pemandangan pantai yang  bisa dinikmati dari jembatan kayu,. Tenang, untuk masuk ke taman ekowisata hutan mangrove ini gratis.

Selain mendapatkan pesona keindahan alam, kamu bisa berfoto di lingkungan hutan mangrove. Selain menjadi tempat wisata alam, taman ekowisata mangrove ini biasa juga dimanfaatkan sebagai sarana edukasi anak-anak mengenai hutan mangrove.

Uniknya, ada kebiasaan yang dilakukan masyarakat dan pengunjung di salah satu tempat wisata di siak ini yaitu meletakkan ‘Gembok Cinta’. Tunggu apa lagi, kamu harus ke Taman Ekowisata Mangrove ini, nikmati keindahan alamnya dan siaplah meletakkan gembok cintamu.

5. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Tempat Wisata di Siak, Jembatan Tengku Latifah - Sumber: backpackerjakarta.com

Tempat Wisata di Siak, Jembatan Tengku Latifah – Sumber: backpackerjakarta.com

Nah, Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah merupakan salah satu ikon kebanggaan Siak. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di Sumatera bahkan di Indonesia. Jembatan yang membentang panjang diatas sungai Siak, Kabupaten Siak ini disebut juga dengan jembatan Siak.

Jembatan yang membentang sepanjang 1.196 meter ini akan tampil mempesona saat malam hari, dengan corak warna-warni lampu di sisinya. Bahkan bentuk jembatan ini semakin mencolok, karena adanya dua menara setinggi 80 meter berdiri diatas sisi jembatan. Uniknya, menara dilengkapi dua buah lift untuk menuju puncaknya. Kamu akan bisa melihat kota Siak dari atas sana.

6. Tepian Sungai Jantan Siak

Siak tidak hanya menyediakan wisata sejarah dan alam.  Kamu akan menemukan banyak taman yang indah saat berkunjung di Siak. Salah satu tempat wisata di Siak adalah Tepian Sungai Jantan.

Hebatnya, Tepian Sungai Jantan Siak pernah masuk dalam 7 nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019. Tidak sebatas itu, Tepian Sungau Jantan Siak dinobatkan menjadi Destinasi Wisata Baru Terpopuler ketiga di Indonesia pada 2019. Ini satu hal yang membuktikan bahwa Tepian Sungai Jantan Siak merupakan tempat yang wajib kamu datangi saat berada di Siak.

Saat berada di Tepian Sungai Jantan Siak, kamu akan menjumpai adanya penataan pencahayaan yang bagus dan sarana wisata air seperti Siak River Cruise. Bahkan, di seberang sungai, kamu bisa melihat indahnya jembatan kupu-kupu saat malam hari. Banyak juga spot-spot menarik yang tentunya instagrammable loh.  Nah, selain Tepian Sungai Jantan Siak, kamu juga harus tau 5 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Instagrammable.

 

Leave a Reply