6 Tempat Wisata di Langgur Kabupaten Maluku Tenggara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Alam, Budaya, Bukit, City Tour, Desa Wisata, Inspirasi, Pantai, Pulau

6 Tempat Wisata di Langgur Kabupaten Maluku Tenggara

Langgur Gua Hawang

Sumber: Suara.com

Dinobatkan sebagai salah satu wisata terbaik yang dimilki Indonesia. Pasir putih yang sangat halus dengan pemandangan pantai yang asri dan menyegarkan setiap mata memandang tentunya menjadi daya jual wisata Kepulauan Kei. Salah satu pantai indahnya adalah Pantai Ohoidertawun.

Kemudian ada juga Pantai Ngurtafur yang akan terlihat saat air laut sedang surut. Bagi pengunjung yang beruntung juga akan bisa bertemu dengan tabob dan juga burung pelikan Australia yang sedang beristirahat setelah berburu ikan.

4. Pulau Kapal

Disebut Pulau Kapal karena pulaunya berbentuk seperti sebuah kapal dan terletak di sebelah Desa Sathean, kira-kira 7km dari Kota Langgur. Masyarakat mempercayai cerita sejarah bahwa pulau ini adalah kapal yang digunakan leluhur mereka dari Bali namun karam dan kemudian berubah menjadi batu.

Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di Pulau Kapal ini, yang paling menjadi favorit pengunjung adalah snorkeling dan juga diving karena kecantikan dunia bawah lautnya sungguhlah mempesona. Ratusan jenis ikan kecil serta batuan karangnya akan siap menyapa dari bawah laut.

5. Desa Budaya Tanimbar Kei
Langgur Desa Budaya Tanimbar Kei

Sumber: Have Dreams

Dengan menempuh perjalanan kira-kira 3-4 jam dengan kendaraan laut, pengunjung dapat tiba di Pulau Tanibar Kei yang berada di barat daya Kei Kecil. Melanjutkan sebentar perjalanan dan pengunjung sudah akan memasuki area Desa Budaya Tanibar Kei.

Desa budaya Tanibar Kei ini menyimpang banyak sekali potensi wisata budaya dengan nilai sejarah yang tinggi. Hal tersebut dapat terlihat dari keunikan arsitektur bangunan, seni, adat istiadat, serta kepercayaan generasi terdahulu yang masih dijaga oleh generasi masa kini.

Salah satu contoh budaya yang masih dilaksanakan masyarakat Desa Budaya Tanibar Kei adalah uparaca tradisional Tate’e. Upacara ini rutin dilakukan 1x setiap tahunnya. Masyarakat menggelar upacara tradisional Tate’e dalam rangka memohon kepada Tuhan serta leluhur agar kegiatan panen masyarakat berjalan mulus baik di darat maupun di laut.

6. Bukit Masbait
Langgur bukit masbait

Sumber: Azoyazah

Merupakan bukit tertinggi di Kepulauan Kei Kecil yang tentu saja menyuguhkan pemandangan berupa pemandangan alam yang indah dari ketinggian.jaraknya pun tidak jauh dari Kota Langgur, hanya sekitar 10km.

Tidak hanya terkenal akan wisata alamnya, Bukti Masbait Maluku Tenggara juga bisa dikategorikan sebagai wisata religi bagi umat Katholik karena terdapat arca Kristus Raja tengah berdiri di atas globa. Pose ini menyimbolkan Yesus Kristus akan senantiasa melindungi dan memberikati setiap umat yang ada di area kepulauan.

 

Baca juga:

6 Tempat wisata di Dobo Kabupaten Kepulauan Aru

6 Tempat wisata di Bula Kabupaten Seram Bagian Timur

Leave a Reply