6 Tari Adat Tradisional Bali Paling Populer - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

6 Tari Adat Tradisional Bali Paling Populer

Tari Adat Tradisional Bali

Tari Adat Tradisional Bali - Foto: instagram.com/md_becool

Dengan adanya perubahan gerakan dan fungsi serta seiring dengan perkembangan jaman, tari pemujaan ini diadopsi menjadi tari hiburan yang biasa diselenggarakan untuk menyambut tamu atau pembukaan suatu acara.

Baca juga artikel terkait dengan Tari Bali:

4. Tari Topeng

6 Tari Adat Tradisional Bali Paling Populer 1

Tari topeng, Tari Adat Tradisional Bali – Foto: instagram.com/ketut_arianto

Tari Topeng Bali merupakan Tari Adat Tradisional Bali yang sangat sakral karena topeng sendiri memiliki hubungan yang erat dengan ritual keagamaan di Bali. Tari ini dianggap sakral karena masyarakat Bali percaya dapat ‘meminang’ keselamatan mereka. Sehingga, tarian ini banyak dipentaskan dan menjadi tradisi turun-temurun dari generasi ke generasi.

Topeng yang digunakan melambangkan dewa-dewa yang dipercaya dapat memberikan ketentraman dan keselamatan hidup. Tari Topeng biasanya ditarikan oleh penari laki-laki, namun ada juga dipentaskan oleh penari perempuan. Jenis topeng yang dikenakan adalah topeng berwarna putih dan memiliki karakter wajah tampan dan lembut.

5. Tari Baris Tunggal

Tari Adat Tradisional Bali

Tari Baris Tunggal, Tari Adat Tradisional Bali – Foto: instagram.com/swaradanta

Menurut sejarah, Tari Bali diperkirakan sudah ada sejak pertengahan abad ke-16. Tari ini merupakan simbol ketangguhan prajurit atau ksatria Bali dan salah satu jenis tari yang identik sebagai tari kaum laki-laki. Biasanya, tari ini akan diajarkan kepada anak laki-laki remaja menjelang usia dewasa. Dalam pementasannya, tarian ini terdiri dari 8 hingga 40 laki-laki.

Gerakan Tari Baris menggambarkan ketangguhan prajurit di masa lalu. Gerakan mengangkat kedua pundak penari hingga hampir setinggi telinga dan kedua lengan nyaris sejajar dengan pundak, mata yang bergerak mendelik dan berubah-ubah arah, serta langkah yang berhati-hati dengan kaki yang dijinjit mempresentasikan bahwa prajurit yang senantiasa was-was dengan gerakan musuh disekitarnya.

Baca juga ya artikel terkait dengan Asal Usul Tari Legong dan Tari Arja dari Bali yang sarat akan makna sejarah.

6. Tari Legong

6 Tari Adat Tradisional Bali Paling Populer 2

Tari Legong, tari Adat Tradisional Bali – Foto: instagram.com/dwiastitiii._

Tari Legong merupakan tari adat tradisional Bali yang pada masa Kerajaan Bali hanya dipentaskan di sekitar lingungan keraton saja. Tari Legong berasal dari dua suku kata yaitu leg yang artinya luwes atau elastis dan gong yang berarti musik gamelan.

Secara keseluruhan maka dapat diartikan Tari Legong adalah tari yang memiliki gerakan luwes atau gemulai yang mengikuti irama musik gamelan Bali yang dikenal dengan Semar Pegulingan. Selain memiliki gerakan yang lemah gemulai, ciri khas dari Tari Legong adalah sang penari yang membawa sebuah kipas.

Tari Legong biasanya dimainkan oleh 2 – 3 orang penari dengan menghadirkan seorang tokoh yang disebut ‘Condong’. Tari Legong memiliki beberapa jenis turunan tari yaitu Legong Lasem (Kraton), Legong Jobog, Legong Legod Bawa, Legong Kuntul, Legong Smaradahana dan Legong Sudarsana.

Kunjungi juga artikel tentang Seni Tari Nusantara yang ada di Indonesia:

 

Sumber: mantabz.com, wikipedia.com

Leave a Reply