6 Makanan Khas Pangkajene Yang Wajib Kamu Coba - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner, Budaya, Daftar Wisata

6 Makanan Khas Pangkajene Yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Pangkajene

Sop Saudara, Makanan Khas Pangkajene- Foto: id.tastemade.com

Cao adalah makanan hasil fermentasi beberapa bahan tradisional yang disimpan dalam botol. Bahan utama makanan ini biasanya adalah ikan atau udang yang kemudian di fermentasi dengan ragi dan disimpan dalam botol selama 3 hari. Setelah 3 hari, warna makanan ini biasanya berubah menjadi pink.

4. Abon Ikan Bandeng

Abon Ikan Bandeng, Makanan Khas Pangkajene

Abon Ikan Bandeng, Makanan Khas Pangkajene – Foto: ukmpangkep.blogspot.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Kabupaten Pangkajene sangat terkenal akan olahan hasil lautnya. Salah satu olahan yang wajib kamu coba adalah Abon Ikan Bandeng.  Oleh – oleh khas Kabupaten Pangkajene ini banyak dijual di toko – toko di wilayah Pangkajene dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000 saja per bungkusnya.

Abon Ikan Bandeng ini adalah salah satu alternatif pilihan jika kamu sudah bosan dengan olahan abon yang terbuat dari sapi. Dan Abon Ikan Bandeng ini juga menjadi salah satu Makanan Khas Pangkajene yang juga wajib kalian coba.

Baca juga ya :

5. Udang Khas Pangkajene

Udang Bakar

Udang Bakar – foto resepmasakanterbaru.com

Udang khas Kabupaten Pangkajene berbeda dengan olahan udang daerah lain karena menggunakan udang jenis vanamae. Harga dari udang ini cukup bervariasi, antara Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 per kilonya. Untuk mendapatkan udang khas Pangkajene, kamu bisa berkunjung ke wilayah pesisir Labakkang.

Udang yang ada dikawasan ini kini telah menjadi salah satu kuliner atau Makanan Khas Pangkajene yang sayang untuk dilewatkan. Selain olahan seafood ikan dan cumi, Udang khas Pangkajene juga cukup enak apalagi dibakar dengan olahan sausnya yang khas.

6. Ikan Bandeng Tanpa Duri (Baduri)

Ikan Bandeng, Makanan Khas Pangkajene

Ikan Bandeng, Makanan Khas Pangkajene – Foto: Facebook UMKM Kab Pangkep

Jika kamu termasuk orang yang tidak mau repot untuk mencabuti satu – satu duri saat memakan ikan, maka kamu akan jatuh cinta dengan makanan Baduri. Baduri adalah olahan Ikan Bandeng Tanpa Duri mentah yang siap diolah atau ditambahkan ke dalam berbagai jenis masakan.

Harga jual Baduri pun terbilang sangat murah, hanya Rp. 8.000 per ekor tergantung besar ukuran ikannya. Untuk membeli oleh – oleh Baduri, kamu bisa langsung datang ke pusat okeh – oleh Pangkajene yang terletak di Jl. Sultan Hasanuddin No. 33, Pangkajene, Sulawesi Selatan.

Olahan Ikan bandeng ini bisa kalian coba langsung saat kalian berada dikota yang indah ini dan ikan bandeng ini juga kini masuk kedalam salah satu kuliner atau Makanan Khas Pangkajene yang wajib dicoba.

Leave a Reply