6 Kuliner dan Makanan Khas Arga Makmur Bengkulu Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Arga Makmur Bengkulu Utara

Kuliner khas Bengkulu

Kuliner khas Arga Makmur "Tempoyak Durian" - Sumber : backpackerjakarta.com

Dari namanya, kue bay tat mengandung arti kue tartnya orang Bengkulu. Gabungan dari kata bay yang berarti induk sementara, dan tat berarti kue tart.

Bay tat terbuat dari tepung gandum, telur ayam, mentega, dan gula pasir. Rasanya manis dan teksturnya lembut.

Warga Bengkulu menawarkan kuliner ini sebagai oleh-oleh untuk turis lokal demi mempertahankan eksistensi kue tradisional ini. Untuk mendapatkannya bisa di toko oleh-oleh khas Bengkulu.

6 Kuliner dan Makanan Khas Arga Makmur Bengkulu Utara 3

Kue Bay Tat khas Bengkulu – Sumber : makananoleholeh.com

4. Durian

Buah berkulit tajam ini memang banyak di temui dimanapun. Bahkan beberapa daerah terkenal memiliki durian yang enak dan banyak disukai oleh pecinta durian, seperti Medan dan Kalimantan. Untuk durian Bengkulu sendiri beluum begitu terkenal di kalangan masyarakat umum.

Penghasil durian di Bengkulu secara geografis di bagi atas dua wilayah, yaitu Bengkulu Utara dan Selatan. Kedua daerah tersebut menghasilkan durian dengan karakter yang berbeda.

Menurut seorang penyalur durian asal Bengkulu, durian dari utaralah yang paling bagus karena alamnya mendukung menghasilkan durian yang dagingnya tebal, bijinya kecil, dan manis.

6 Kuliner dan Makanan Khas Arga Makmur Bengkulu Utara 4

Durian Bengkulu – Sumber : bengkuluekspress.com

5. Bolu Koja

Kuliner khas satu ini memiliki tekstur yang begitu lembut seperti brownies. Kue ini secara tampilan dan nama sama seperti kuliner yang berasa dari Palembang, hanya saja yang membedakan bolu koja khas Bengkulu memakai tambahan agar-agar.

Makanan ini memiliki warna dominan hijau yang didapatkan dari penggunaan daun suji dan daun pandan.

Saat ini sebagian penjual bolu koja sebagian menambahkan variasi dengan menambahkan topping keju atau meises diatasnya supaya menambah daya tarik pembeli.

6 Kuliner dan Makanan Khas Arga Makmur Bengkulu Utara 5

Bolu Koja – Sumber : santapsedap.id

6. Kue Lepek Biniti

Kuliner ini merupakan kuliner yang wajib dijadikan oleh-oleh jika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Bengkulu. Kue ini memiliki citarasa yang manis dan khas.

Bahan untuk membuat kuliner khas ini adalah santan, tepung ketan, lengkuas, dan daun salam lalu di bungkus dengan daun pisang.

Untuk mendapatkan kue ini sangat mudah, karena banyak pedagang keliling yang menjajakan kue ini.

6 Kuliner dan Makanan Khas Arga Makmur Bengkulu Utara 6

Kue Lepek Biniti – Sumber : gotravelly.com

Leave a Reply