6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Uncategorised, Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka

Makanan Khas Sungai Liat

Makanan Khas Sungai Liat

Untuk menyatapnya, Lakse bisa anda hidangkan dengan dua cara, yaitu: dihidangkan dengan lauk berkuah seperti Sup Gangan yang berbahan santan kelapa dan ikan atau udang yang sudah ditumbuk halus. Dan dihidangkan dengan cara digoreng.

Mendapatkan Lakse juga tidak sulit, anda bisa membelinya di warung makan dimana saja dengan harga yang cukup terjangkau. Atau satu keping Lakse bisa diharga sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000.

Baca juga ya:

4. Sup Gangan

Sup Gangan,Makanan Khas Sungai Liat

Sup Gangan – Makanan Khas Sungai Liat Bangka – Foto: travel.tempo.co

Makanan yang sempat disinggung di dua makanan sebelumnya ini berbahan dasar olahan laut, yaitu ikan.

Ikan yang digunakan untuk membuat Sup Gangan ini biasanya ikan tenggiri yang masih segar.

Dan kemudian dimasak secara bersamaan dengan rempah-rempah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serta kunyit.

Dengan menggunakan bahan rempah-rempah, Sup Gangan khas Sungai Liat ini akan mengasilkan rasa gurih yang sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Tidak salah lagi, kuliner satu ini menjadi kebanggaan warga Belitung.

5. Pantiaw

Pantiaw, Makanan Khas Sungai Liat

Pantiaw – Makanan Khas Sungai Liat Bangka Foto: cookpad.co

Pantiaw adalah Makanan khas Sungai Liat yang terbuat dari bahan beras yang diolah dan kemudian dibentuk seperti mie dengan ukuran lebih besar.

Pantiaw dihidangkan secara bersamaan dengan bumbu ikan yang telah direbus, digiling halus, dan dimasak dengan olahan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, garam, serta bumbu penyedap lainnya.

Umumnya, pengunjung menikmati Pantiaw di waktu makan siang. Dengan ditambah taburan bawang goreng.

6. Roti Panggang Telur dan Roti Panggang Kacang Wijen

roti panggang telur, Makanan Khas Sungai Liat

Roti Panggang Telur dan Roti Panggang Kacang Wijen – Makanan Khas Sungai Liat – Foto: travelingyuk.com

Siapa yang tidak mengenal makanan andalan di Warung Kopi Tung Tau ini? Salah satu tempat kuliner di Sungai Liat yang ramai dikunjungi wisawatan. Letaknya tepat di Jalan Mujahidin No. 87.

Selain dua menu andalan tersebut, tempat kuliner ini juga menyediakan gado-gado otak-otak, dan berbagai minuman seperti kopi tarik, kopi susu, kopi O, teh tarik, dan masih banyak lagi.

Yang menjadi daya tarik dari Warung Kopi Tung Tau ini adalah masih mempertahankan cita rasa tradisional. Ditambah bangunannya mempunyai design jaman dulu.

Demikian 6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka yang bisa menjadi destinasi anda bila berkunjung di Kepulauan Bangka Belitung. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply