6 Wisata Kuliner dan Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Wisata Kuliner dan Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Asam Oedas ikan Baung, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Asam Oedas ikan Baung, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu - Sumber: cookpad.com

Bumbu dari urap dan anyang pangkek pun berbeda, urap memakai kencur sedangkan anyang pangkek tidak pakai kencur. Anyang pangkek menggunakan umbi yang ditengahnya masih muda, direbus dengan air kelapa dan dikasi garam dan gula secukupnya.

Pangkek direbus menggunakan air kelapa untuk menghilangkan pahit karena aslinya  pahit. Setelah direbus, pangkek diiris-iris. Lalu untuk pakisnya juga direbus. Kemudian dihaluskan bersama jahe dan lengkuas. Sedangkan bawang merah hanya diiris.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu tambahkan santan pekat dimasak bersama bumbu sampai pekat sampai warnanya berubah jadi kecoklatan. Setelah masak baru campurkan bumbu dengan bahan utama pangkek dan pakis yang telah direbus tadi. Setelah itu ditambah perasan jeruk nipis.

Anyang pangkek biasanya disajikan saat bulan puasa sebagai menu pembuka sebelum makan nasi.

5. Kokek asam durian

Kokek asam durian, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Kokek asam durian, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu – foto ccookpad.com

Kokek asam durian adalah Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu selanjutnya yang wajib kalian coba. Makanan Kokek asam durian ini memiliki rasa yang unik dan beragam. Apalagi makanan yang berbahan dasar durian dan campuran ikan teri, petai bercampur dengan asam durian membuat lidah kalian dijamin bergoyang.

Cara membuat sangat mudah yakni kalian cukup giling halus Cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan tomat. Kemudia Masukkan bahan yg sudah digiling halus tadi dan  campurkan asam durian dan air. Aduk semua bahan sampai bercampur semua, Masak dengan api sedang.

Jangan lupa untuk menambahkan ikan teri + pete dan juga Geprek sereh, lalu masukkan kedalam masakan sekaligus daun kunyit.

6. Putri Mandi, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Putri Mandi, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Putri Mandi, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu – foto cookpad.com

Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu yang terakhir dan bisa kalian coba adalah sebuah makanan berkuah yang sekilas menyerupai kolak. Yap namanya adalah Putri Mandi, Kolak Khas Rokan Hulu ini memiliki cita rasa yang lezat dan enak apalagi dihidangkan dengan es batu yang menyengarkan.

Sebenarnya Kue khas Rokan Hulu Riau ini pembuatannya sama sepeti saat kita membuat kue klepon. Hanya saja kue Putri Mandi akan disiram dengan kuah santan yang membuatnya semakin khas. Biasnaya Es Putri Mandi banyak dijumpai saat ibadah bulan puasa dan hari tertentu saja.

Objek Wisata di Rokan Hulu

1. Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu

Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu

Sumber: rokanhulukab.go.id

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu adalah masjid megah dan cantik yang ada di Povinsi Riau. Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sebagai tempat ibadah umat Muslim dan objek wisata religius di Rokan Hulu.

2. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua

Sumber: rokanhulukab.go.id

Air terjun aek martua mempunyai keunikan dan keistimewaan tersendiri yaitu berada di kawasa dataran tinggi penggunungan bukit barisan dan memiliki beberapa tingkat sehingga sering pula disebut air terjun tangga seribu.

Nama aek martua adalah nama sebuah sungai di mana air terjun ini berada dan berasal dari bahasa Suku Mandailing yang artinya adalah air bertuah.

Itulah 6 wisata kuliner dan makanan khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu untuk dinikmati. Makanan khas yang unik dan enak membuat para wisatawan ketagihan.

Leave a Reply