6 Kuliner dan Makanan Khas Daik Lingga - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Daik Lingga

6 Kuliner dan Makanan Khas Daik Lingga

Makanan Khas Daik Lingga - Sumber: disbud.kepriprov.go.id

Lendot merupakan makanan khas Daik Lingga yang hampir mirip dengan bubur lambok. Lendot disajikan dengan dipenuhi sayur kangkung dan daun pakis yang banyak. Teksturnya cenderung kental dengan campuran yang lebih beragam dengan makanan laut seperti udang, siput isap, sotong, kepiting, dan ikan.

Bumbu utama lendot adalah cabai merah, bawang putih, merica, dan bilis giling. Lendot sangat enak dimakan saat masih hangat dengan ditemani sambal terasi yang pedas. Selain enak, Lendot juga dipercaya cepat menyembuhkan orang yang sedang demam dan flu.

4. Kepurun

Kepurun, Makanan Khas Daik Lingga

Kepurun, Makanan Khas Daik Lingga – Sumber: cookpad.com

Kepurun adalah masakkan yang hampir mirip dengan papeda dan juga merupakan makanan khas Kabupaten Lingga. Cara pembuatan kepurun tidak jauh berbeda dengan kuliner dari Maluku dan Papua.

Kepurun diolah dari tepung sagu yang dimasak menggunakan air dengan api kecil adapun bahan-bahannya adalah sagu basah, asam, lada kecil, dan ikan teri. Setelah masak, bentuknya seperti ongol-ongol. Teksturnya seperti jely, warnanya abu-abu dan tidak memiliki rasa.

Bagi pecinta maskan pedas, kepurun menjadi pilihan yang pas untuk dicoba setelah bubur lambok.

5. Belebat Kacang

Belebat Kacang, Makanan Khas Daik Lingga

Belebat Kacang, Makanan Khas Daik Lingga – Sumber: cookpad.com

Belebat kacang adalah kue turun temurun dari masyarakat Melayu. Belebat kacang ini dibungkus dengan daun pisang menjadikan kue ini sangat khas rasanya. Belebat kacang sebenarnya ada berbagai jenis sperti yang terbuat dari ubi dan buah lainnya. Namun, belebat dari Daik Lingga terbuat dari kacang hijau.

Proses memasak belebat kacang adalah kacang hijau dicampur dengan santan, gula merah, dan tepung. Lalu, adonan yang sudah jadi dibungkus denngan daun pisang dan dikukus. Selama dikukus, tentu saja aroma dari kacang hijau dan daun pisang semerbak harum saat sudah matang.

Baca Juga ya :

6. Satay Bakar Khas Lingga

satay bakar

Sumber: cookpad.com

Jika mendengar kata sate, pasti kamu mengiranya sate yang biasa dijual di tepi jalan. Daging ayam atau daging sapi yang ditusuk pada lidi, lalu dibakar. Nah, kalau satay bakar dari Daik Lingga ini begitu berbeda karena dagingnya berasal dari ikan dengan campuran kelapa parut dan bumbu khas dibakar di dalam daun pisang.  Satay Bakar juga menjadi salah satu Makanan Khas Daik Lingga yang juga sayang untuk tidak dicoba.

Leave a Reply