6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Sumber: budaya-indonesia.org

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Sumber: budaya-indonesia.org

Depik belacan cukup populer di Bener Meriah dan sekitarnya. Di pasar tradisional, harga depik belacan dihargai 10.000 rupiah per ons. Kalau membeli yang dibungkus daun pisang yang ukurannya sebesar jempol kaki harganya 1.000 rupiah hingga 2.000 rupiah per bungkus.

Cecah Ries

Cecah memang menjadi makanan yang khas dari tanah Gayo, salah satunya cecah ries. Makanan ini menggunakan batang pisang sebagai bahan utamanya. Bagian yang digunakan dari batang pisangnya adalah bagian dalamnya, kemudian dipadukan dengan suwiran daging ayam atau burung panggang.

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Sumber: cuapcuapana.blogspot.com

Bagian paling dalam batang pisang diberikan bumbu seperti merica, ketumbar, garam, bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, dan kelapa gongseng. Bumbu-bumbu ini merupakan bumbu rempah olahan yang diwariskan turun temurun, sehingga rasanya sudah sangat khas.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Kutacane, Aceh Tenggara

Apam Gayo

Apam gayo adalah salah satu makanan yang banyak disukai masyarakat Bener Meriah. Apam ini bentuknya mirip dengan surabi di wilayah di luar Aceh. Bedanya, apam gayo dimakan dengan kuah santan dan potongan nangka diatasnya.

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Sumber: steemkr.com

Di Aceh terdapat tradisi untuk mengadakan Toet Apam. Toet Apam merupakan tradisi dimana masyarakat menyantap apam bersama-sama. Apam gayo terbuat dari adonan tepung beras yang dipanggang menggunakan wajan tanah liat. Biasanya, Toet Apam dilakukan setahun sekali bahkan para perantau rela untuk pulang demi menikmati acara ini.


Menarik kan, kuliner dan makanan khas dari Bener Meriah? Jika ingin mencobanya, cobalah buat dahulu di rumah dengan bahan yang bisa didapatkan. Ketika sudah ada waktu untuk bepergian ke Bener Meriah, kamu bisa membandingkan kelezatan makanan khas Bener Meriah dengan suasana yang ada.

Leave a Reply