6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkulu - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkulu

Tempoyak

Kota Bengkulu merupakan ibu kota Provinsi Bengkulu yang terletak di Indonesia. Kota yang terkenal dengan populer dengan bunga legendarisnya di Indonesia, yaitu Rafflesia Arnoldi. Selain itu, kota Bengkulu juga menjadi rujukan sebagai tempat berbelanja oleh-oleh. Yang mana akan membuat lidah para pecinta kuliner serasa dimanjakan dengan keaneka ragaman menu khasnya.

Penasaran apa saja makanan khas Bengkulu ini? Yuk, simak ulasan kuliner dan makanan khas Bengkulu:

DAFTAR 6 KULINER DAN WISATA KHAS BENGKULU

1. Kue Bay Tat

Kue bay tat

Sumber foto: republika.com

Kue khas Bengkulu ini merupakan kue yang menyerupai pai dengan isi selai nanas. Dan terkadang Kue Bay Tat ini diberi parutan keju di atasnya. Kue Bay Tat juga menjadi ciri khas kota Bengkulu sekaligus menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan.

Nama kue Bay Tat ini berawal dari bahasa Bengkulu, yaitu kata “Bay” yang artinya induk dan kata “Tat” yang artimya kue tart. Atau sebutan lainmya, Kue Bay Tat adalah kue Tart khas Bengkulu.

Dulunya, kue Bay Tat menjadi makanan para bangsawan dan dihidangkan bagi para Raja dan keluarganya. Namun saat ini kue Bay Tat menjadi ikon kuliner Bengkulu yang bisa dinikmati oleh masyarakat kalangan keatas hingga menengah kebawah.

Pembuatan kue ini menggunakan campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam, mentega dan santan kelapa. Kemudian adonan dicampur lalu dipanggang, sebelum diolesi selai nanas. Biasanya sesudah kue Bay Tat dipanggang akan mengeluarkan aroma santan yang khas.

Tak heran apabila kue ini terasa lembut dan sedikit renyah di lidah penikmatnya. Ditambah rasa nanas yang lebih dan pas di lidah.

2. Pendap

Pendap

Sumber foto: masakandapurku.com

Makanan khas Bengkulu yang satu ini biasa disebut juga dengan Ikan Pais. Rasanya mampu bersaing dengan makanan kuliner lainnya. Sebab, terbukti makanan khas Bengkulu ini sudah mulai dipasarkan ke beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Lampung, Palembang, Pangkal Pinang dan Jambi.

Pendap mempunyai aroma yang khas daun talas yang bisa menarik para penikmat kuliner, ditambah rasanya yang menggugah selera makan. Terlebihnya lagi makanan ini juga populer di pasar mancanegara, mulai dari Australia, Belgia, Jepang, dan negara lainnya.

Makanan ini juga menjadi kuliner favorit para pengunjung dari dalam Sumatera hingga luar Sumatera. Cara pembuatan Pendap sendiri sangat mirip dengan makanan pepes ikan. Bedanya pada bahan pembuatan Pendap dan daun talas yang digunakan sebagai pembungkus serta tali rafia sebagai pengikatnya.

Baca Juga :

• Ini 6 Tari Adat Bengkulu

Leave a Reply