Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkulu

Tempoyak

Kota Bengkulu merupakan ibu kota Provinsi Bengkulu yang terletak di Indonesia. Kota yang terkenal dengan populer dengan bunga legendarisnya di Indonesia, yaitu Rafflesia Arnoldi. Selain itu, kota Bengkulu juga menjadi rujukan sebagai tempat berbelanja oleh-oleh. Yang mana akan membuat lidah para pecinta kuliner serasa dimanjakan dengan keaneka ragaman menu khasnya.

Penasaran apa saja makanan khas Bengkulu ini? Yuk, simak ulasan kuliner dan makanan khas Bengkulu:

DAFTAR 6 KULINER DAN WISATA KHAS BENGKULU

1. Kue Bay Tat

Kue bay tat

Sumber foto: republika.com

Kue khas Bengkulu ini merupakan kue yang menyerupai pai dengan isi selai nanas. Dan terkadang Kue Bay Tat ini diberi parutan keju di atasnya. Kue Bay Tat juga menjadi ciri khas kota Bengkulu sekaligus menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan.

Nama kue Bay Tat ini berawal dari bahasa Bengkulu, yaitu kata “Bay” yang artinya induk dan kata “Tat” yang artimya kue tart. Atau sebutan lainmya, Kue Bay Tat adalah kue Tart khas Bengkulu.

Dulunya, kue Bay Tat menjadi makanan para bangsawan dan dihidangkan bagi para Raja dan keluarganya. Namun saat ini kue Bay Tat menjadi ikon kuliner Bengkulu yang bisa dinikmati oleh masyarakat kalangan keatas hingga menengah kebawah.

Pembuatan kue ini menggunakan campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam, mentega dan santan kelapa. Kemudian adonan dicampur lalu dipanggang, sebelum diolesi selai nanas. Biasanya sesudah kue Bay Tat dipanggang akan mengeluarkan aroma santan yang khas.

Tak heran apabila kue ini terasa lembut dan sedikit renyah di lidah penikmatnya. Ditambah rasa nanas yang lebih dan pas di lidah.

2. Pendap

Pendap

Sumber foto: masakandapurku.com

Makanan khas Bengkulu yang satu ini biasa disebut juga dengan Ikan Pais. Rasanya mampu bersaing dengan makanan kuliner lainnya. Sebab, terbukti makanan khas Bengkulu ini sudah mulai dipasarkan ke beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Lampung, Palembang, Pangkal Pinang dan Jambi.

Pendap mempunyai aroma yang khas daun talas yang bisa menarik para penikmat kuliner, ditambah rasanya yang menggugah selera makan. Terlebihnya lagi makanan ini juga populer di pasar mancanegara, mulai dari Australia, Belgia, Jepang, dan negara lainnya.

Makanan ini juga menjadi kuliner favorit para pengunjung dari dalam Sumatera hingga luar Sumatera. Cara pembuatan Pendap sendiri sangat mirip dengan makanan pepes ikan. Bedanya pada bahan pembuatan Pendap dan daun talas yang digunakan sebagai pembungkus serta tali rafia sebagai pengikatnya.

Baca Juga :

• Ini 6 Tari Adat Bengkulu

• Dan Ini 3 Pakaian Adat Daerah Bengkulu

3. Tempoyak

Tempoyak

Sumber foto: backpackerjakarta.com

Tempoyak merupakan salah satu bumbu makanan yang banyak ditemukan di Sumatera. Bumbu ini dikenal karena sering dijadikan teman makan dengan cara diolah dan dicampur bersama ikan patin. Bumbu ini dibuat dari durian yang sudah difermentasikan.

Tempoyak sendiri banyak diminati dan disukai banyak masyarakat Bengkulu karena dapat diolah bersama ikan patin dan rasanya yang lezat. Maka dari itu, bumbu makanan ini menjadi kuliner khas Bengkulu. Untuk rasa sudah pasti kalian harus mencobanya jika berkunjung ke Bengkulu.

4. Bagar Hiu

Bagar hiu

Sumber foto: beautiful-indonesia.umm.ac.id

Makanan kuliner ini dikenal dengan makanan favorit presiden pertama RI yaitu Soekarno saat masa pengasingannya di Kota Bengkulu. Selain itu, makanan ini menjadi makanan kuliner yang sering kita temukan saat Bulan Ramadhan.

Mungkin sekilas kita melihat Bagar Hiu mirip dengan rendang yang menjadi makanan khas Padang, Sumatera Barat. Namun, ternyata kedua makanan ini hanya memiliki perbedaan dibahannya, Bagar Hiu tidak dimasak menggunakan santan. Dan dalam proses memasaknya, Bagar Hiu menggunakan kelapa yang disangrai.

Seperti namanya, Bagar Hiu bukan menggunakan daging sapi atau kambing melainkan daging hiu. Cara pengolahannga juga tidak musah, sebab ikan hiu mempunyai bau amis yang cukup menyengat. Maka dari itu, keahlian dalam memasak Bagar Hiu ini dipelajari turun-temurun, dari generasi ke generasi.

5. Kue Lepek Binti

Lepek binti

Sumber foto: beritatagar.com

Kue yang dibungkus dengan daun pisang ini sekilas mirip dengan nagasari. Namun, dari rasa Kue Lepek Binti ini memiliki rasa dan tekstur yang sangat tidak sama.

Perbedaannya pada nagasari ini buat dengan tepung beras dan santan yang diisi potongan pisang raja. Rasanya yang dimiliki pun manis dan lembut, dan sama-sama dibungkus dengan daun pisang.

Bentuk makanan ini menyerupai bujur sangkar, dengan dilipat di dalam daun pisang lalu dimasak dengan cara dikukus. Teksturnya mirip dengan lemper dan berisi daging yang gurih.

6. Gulai Rebung Asam Undak Liling

Rebung

Sumber foto: pedomanbengkulu.com

Kuliner makanan bersantan ini memang cukup unik, sebab dibuag dari rebung atau tunas bambh muda. Makanan ini memiliki tekstur yang lunak. Proses pembuatannya juga tidak sebentar, sebab rebung perlu direndam selama beberapa hari. Setelah itu, rebung diolah menjadi gulai bersamaan dengan keong sawah atau liling.

Liling juga bisa diganti dengan ikan laut atau ikan air tawar.

Demikian kuliner dan makanan khas Bengkulu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply