25 Kuliner Khas Jambi yang bisa kamu Cicipi - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

25 Kuliner Khas Jambi yang bisa kamu Cicipi

Kue padamaran khas Jambi

Kue padamaran khas Jambi - foto kumparan

Soto Semurup tidak jauh berbeda dengan soto lainnya yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Soto semurup disajikan dalam mangkok berukuran sedang. Di dalamnya terdapat nasi, potongan dendeng sapi, sedikit sayuran, dan soun (mirip mie bihun yang terbuat dari pati), kemudian ditambahkan kuah soto berwarna kuning bening dan taburan bawang goreng dan kerupuk merah. (phinemo.com)

16. Air Sebuk Kawo

Bagi masyarakat Kerinci, Air Sebuk Kawo menjadi minuman wajib kedua setelah air putih. Konon, minuman khas Kerinci ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Warga setempat meminumnya di tengah cuaca dingin sekaligus untuk mengembalikan stamina.

Air Sebuk Kawo

Air Sebuk Kawo – foto infolibur.com

Air Sebuk Kawo ini terbuat dari tunas muda pohon kopi yang dikeringkan. Setelah kering, daun tunas muda pohon kopi kemudian diremas dan diseduh dengan air panas. Air seduhan tunas muda pohon kopi ini kemudian diminum. (phinemo.com)

17. Gulai Ikan Semah

Gulai ikan barangkali sudah menjadi masakan umum yang ada di Jambi. Namun ibarat kata pepatah, lain lubuk lain ikan, lain kampung lain pula gulainya. Keragaman jenis ikan, cara pengolahan dan bumbuyang digunakan membuat kuliner ini menjadi beraneka ragam. Bicara soal ikan, Kabupaten Merangin masih memiliki hasil sungai yang memukau.

Gulai Ikan Semah

Gulai Ikan Semah – foto kebudayaan.kemedikbud

Kabupaten Merangin memiliki beberapa sungai dengan arus yang deras dan menjadi habitat ideal bagi ikan semah. Sungai yang lebar dan dalam disini juga menjadi habitat favorit ikan tapa yang beratnya bisa menjadi puluhan bahkan ratusan kilogram. (klikmerangin.blogspot.com).

18. Gelamai Dodol khas Merangin

Siapa yang tak kenal dengan gelamai, atu mungkin beberapa daerah menyebutnya dodol. Ciri khas warna dan bentuknya membuat gelamai mudah untuk dikenal dan diingat. Gelamai, makanan yang berbahan utama santan kelapa, tepung ketan dan gula merah sekarang telah banyak variasi rasanya. Sehingga saat memakan gelamai bukan hanya rasa dari gula merah saja yang akan kita rasakan tetapi sensasi rasa yang berbeda.

Gelamai Dodol khas merangin

Gelamai Dodol khas merangin – foto tribun jambi

Contohnya saja gelamai rasa durian. Selain dijadikan tempoyak, daging buah durian juga dicampur menjadi pilihan rasa dalam gelamai. Tertarik untuk mencoba variasi rasa dari gelamai ? Bila anda berkunjung atau sekedar singgah di Kabupaten Merangin, disini terdapat 2 (dua) tempat produksi gelamai yang terkenal. Gelamai Perentak dan Gelamai Yunani (klikmerangin.blogspot.com).

19. Gulai Tekuyung

Tekuyung, mungkin buat sebagian orang masih belum banyak mengenal jenis hewan satu ini. atau mengenal bentuknya tapi dengan nama yang berbeda. Di Kabupaten merangin banyak dijumpai di sungai, biasanya tekuyung menempel di bebatuan.

Gulai tekuyung ini biasanya dicampur dengan sayur pakis dan rimbang. Cara makannya pun tak kalah unik. Untuk mengeluarkan daging tekuyung dari cangkangnya harus disedot, dan jangan berharap hanya dengan disedot pelan dan satu kali sedot daging tekuyung akan keluar dari cangkangnya harus dengan tarikan yang kuat.

Gulai Tekuyung

Gulai Tekuyung – foto makanajib

Menurut penduduk daerah sini, gulai tekuyung ini sengaja dibuat pedas karena jika tidak pedas maka rasa amis tekuyung akan sangat terasa dan gulai menjadi tidak enak. Namun walau pedas, lidah tidak akan bisa berbohong kalau gulai tengkuyung dari Kabupaten Merangin ini memang sangat enak. (klikmerangin.blogspot.com).

20. Pindang Serani

Pindang serani adalah masakan khas Merangin yang dimakan sebagai lauk nasi. Masakan pindang serani ini identik dengan masakan ikan berbuah atau masakan asam pedas dari berbagai daerah di Indonesia. Bedanya barangkali terletak pada bahan utama yaitu ikannya. Di daerah lain tentu saja akan memakai ikan yang terdapat di daerah itu. Di Merangin biasanya yang paling umum adalah ikan patin.

Pindang Serani Jambi

Pindang Serani Jambi – foto mydikuliner.com

Selain itu bumbu dan cara meracikannya juga akan menghasilkan cita rasa yang khas yang akan membedakannya dari daerah lain. Pindang serani ini bahannya dari ikan patin. Pindang serani, bagi masyarakat biasa tidaklah menjadi menu yang rutin, kecuali mereka sering pergi menangkap ikan di sungai, dan mendapatkan ikan patin. Pindang serani sering disajikan untuk berbagai acara formal untuk menunjukkan kekhasan makanan tradisional. (klikmerangin.blogspot.com).

21. Yoda Kote

Di Sarolangun, ada kue unik yang cukup terkenal, namanya yoda kote atau umumnya warga Sarolangun menyebutnya kue hidung. Kue berbentuk segitiga itu sekilas memang terlihat mirip dengan hidung. Kue ini dahulu dibuat oleh pemudik, tepatnya di daerah Pelawan, Sarolangun.

Yoda Kote khas Jambi

Yoda Kote khas Jambi – foto tribun jambi

Kue hidung ini dibuat dari tepung ketan, dan untuk isian dalamnya dibuat dari unti atau parutan kelapa yang dimasak dengan gula aren. Sementara, warna hijau tepung ketan ini berasal dari sari daun pandan. Tak cukup dengan isian parutan kelapa, agar rasanya semakin nikmat, kue ini dilumuri dengan glandok atau santan kental di bagian luarnya. (jambi.tribun)

22. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok merupakan makanan khas yang terdapat di kabupaten Sarolangun ini. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang di iris dan di rebus ke dalam air kelapa yang telah di campur menggunakan jahe dan bawang putih. Seperti namanya dendeng batokok ini dipukul dengan palu saat daging sudah empuk kemudian dendeng batokok ini di bakar dan setelah itu di campur menggunakan sambal merah.

Dendeng Batokok

Dendeng Batokok – foto tastemade.com

Dendeng Batokok juga enak di konsumsi dengan nasi. Dendeng Batokok wajib anda coba ketika anda mengunjungi kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. (lancangkuning.com)

23. Loyang Gogan

Loyang Gogan

Loyang Gogan – foto belanja.com

Muara Tebo, Jambi kue Loyang Dogan khas desa Semabu, Sumay. Terbuat dari dogan/ kelapa muda yang diserut menyerupai bolu manis, biasanya loyang dogan dibuat untuk perayaan lebaran Idul Fitri. Keistimewaan kue Loyang Dogan membuat masyarakan ber’antusias membat kue Loyang Dogan yang lezat ini. (kenali.co)

24. Semur Itam

Semur Itam kuliner khas jambi

Semur Itam kuliner khas jambi – foto beniarsiandi

Semur itam ialah olahan daging dengan banyak rempah-rempah.semur itam sendiri memiliki rasa berbeda dengan semur daerah lainnya. Mungkin dikarenakan bumbunya yang sangat banyak dan belum banyak orang yang belum mengetahui cara membuatnya. Karena jika salah membuatnya atau salah menambahkan bumbu akan membuat rasa semur itam sedikit pahit. (kenali.co)

25. Gulai Kuning Belut

Gulai Kuning Belut

Gulai Kuning Belut – foto cockped.com

Mungkin mendengar kata gulai sudah biasa tapi di Jambi belut yang dijadikan gulai, dan anda akan terheran dengan rasanya yang tidak amis sedikitpun. Seperti yang kita taahu belut memiliki aroma yang amis apalagi jika dimasak berkuah, di Jambi belut dimasak menjadi gulai dengan irisan daun kunyit yang iris tipis, sehingga ras amisnya menghilang.(kenali.co)

Leave a Reply